Beranda Berita Fotonya ada di IG Kebun Binatang Surabaya yang Diretas, Ini Respons Anies Baswedan

Fotonya ada di IG Kebun Binatang Surabaya yang Diretas, Ini Respons Anies Baswedan

0
Fotonya ada di IG Kebun Binatang Surabaya yang Diretas, Ini Respons Anies Baswedan
Anies Baswedan

Sleman – Akun Instagram Kebun Binatang Surabaya (KBS) tampaknya telah menjadi korban tindakan peretasan yang mengkhawatirkan. Akun resmi Instagram @kebunbinatangsurabaya tiba-tiba memuat foto dari Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Inilah reaksi Anies terhadap insiden tersebut.

“Saya sebenarnya baru mengetahui tentang hal ini,” kata Anies saat diwawancarai oleh wartawan setelah menghadiri acara Mata Najwa on Stage di UGM, Sleman, pada hari Selasa, 19 September 2023.

Anies juga mengajak semua pihak untuk saling bekerjasama dalam menciptakan suasana pemilu yang damai dan tertib.

“Kami ingin suasana pemilu tetap sehat dan damai. Oleh karena itu, saya mengimbau kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga ketenangan dan kedamaian. Tidak ada tempat untuk kegiatan seperti serangan DDoS (Distributed Denial of Service) dan tindakan lain yang dapat mengganggu proses ini,” katanya.

Serangan DDoS, sebagaimana dijelaskan dalam situs resmi microsoft.com, adalah serangan yang ditujukan pada situs web dan server dengan tujuan mengganggu layanan jaringan serta menghabiskan sumber daya aplikasi. Para pelaku serangan ini akan mengalirkan lalu lintas yang tidak benar ke situs tersebut, mengakibatkan gangguan berat pada fungsi situs web atau bahkan membuatnya tidak dapat diakses sama sekali. Jenis serangan semacam ini terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Sebelumnya, detikJatim melaporkan bahwa unggahan foto Anies-Cak Imin di akun Instagram KBS telah menimbulkan banyak pertanyaan dari warganet yang penasaran mengapa KBS tiba-tiba terlibat dalam dunia politik.

Foto Anies-Cak Imin itu diunggah sekitar pukul 10.00 WIB dengan keterangan caption “Untuk Indonesia yang lebih baik di tahun 2024” di akun Instagram @kebunbinatangsurabaya. Hal ini terungkap seperti yang dilaporkan oleh detikJatim pada Selasa, 19 September.

Ketika dimintai konfirmasi, pihak KBS mengakui bahwa akun Instagram mereka telah menjadi sasaran peretasan.

“Iya, akun kami telah diretas. Akun kami tiba-tiba menjadi kosong. Hingga saat ini, tim IT kami belum berhasil mengakses kembali akun Instagram tersebut,” ujar Kepala Seksi Humas PDTS KBS, Lintang Ratri Sunarwidhi, ketika dihubungi oleh Sinar Pagi siang tadi.

“Kami saat ini tengah berusaha untuk mengamankan akun media sosial kami yang lainnya,” tambahnya.

Situasi ini menunjukkan betapa pentingnya upaya keamanan siber di era digital saat ini, di mana bahkan akun-akun media sosial resmi dapat menjadi target serangan peretas yang merugikan. (diki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini