Beranda Berita Reaksi Najwa Shihab Terhadap Kontroversi Pernyataan Ganjar Pranowo Mengenai Profesi Jurnalis dan MC

Reaksi Najwa Shihab Terhadap Kontroversi Pernyataan Ganjar Pranowo Mengenai Profesi Jurnalis dan MC

0
Reaksi Najwa Shihab Terhadap Kontroversi Pernyataan Ganjar Pranowo Mengenai Profesi Jurnalis dan MC
Najwa Shihab (dok. Istimewa)

Jakarta – Najwa Shihab mengungkapkan pandangannya terkait kontroversi yang muncul setelah pernyataan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo dalam acara Mata Najwa on Stage di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bertajuk ‘3 Bacapres Bicara Gagasan’. Pernyataan Ganjar yang mengusulkan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya menjadi dosen dan bukan bekerja di bidang lain seperti Master of Ceremony (MC) atau jurnalis telah memicu reaksi dari publik, yang menganggap pernyataan tersebut merendahkan profesi MC dan jurnalis.

Najwa Shihab, dalam menjelaskan konteks pembicaraan saat itu, mengatakan bahwa fokus pembahasan adalah pentingnya memastikan bahwa dunia pendidikan diisi oleh individu-individu yang memiliki kualitas dan kemampuan terbaik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas.

Ia menekankan bahwa reaksinya saat itu bukan karena perasaan tersinggung, melainkan karena tugasnya sebagai seorang jurnalis, yang mengharuskannya menjernihkan makna dari pernyataan Ganjar yang dapat disalahpahami oleh publik. Najwa menambahkan bahwa profesi jurnalis adalah sebuah profesi yang membanggakan, dan hal ini perlu dipahami oleh masyarakat.

Najwa juga berharap agar masyarakat dapat memahami isi pembicaraan dalam acara tersebut tanpa berpolemik berlebihan terkait informasi yang mungkin kurang lengkap atau konteks yang tidak jelas. Ia mengungkapkan kebahagiannya terkait antusiasme publik terhadap berbagai topik yang dibahas dalam dialog tersebut dan mengajak publik untuk tidak hanya fokus pada potongan-potongan kontroversial, melainkan juga memahami gagasan dan visi program masing-masing Bacapres.

Dia menegaskan bahwa setiap profesi, termasuk jurnalis, MC, politikus, guru, dan dosen, memiliki peran pentingnya masing-masing dalam membangun bangsa, dan di setiap profesi, kehadiran individu-individu berbakat dan terbaik sangatlah diperlukan.

Sebelumnya, pernyataan Ganjar Pranowo yang menganggap bahwa lulusan terbaik seharusnya menjadi dosen dan bukan MC telah menciptakan kontroversi dan menjadi sorotan di media sosial. Ganjar mengungkapkan pandangannya saat berpartisipasi dalam acara Mata Najwa di UGM pada tanggal 19 September 2023, yang kemudian memicu reaksi tegas dari Najwa Shihab yang menegaskan bahwa ia adalah seorang jurnalis dan bahwa profesi jurnalis adalah profesi yang membanggakan. (sugeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini