Beranda Berita Kematian Ajudan Kapolda Kaltara, Kapolri Listyo Sigit Prabowo Minta Penyelidikan Secara Tuntas

Kematian Ajudan Kapolda Kaltara, Kapolri Listyo Sigit Prabowo Minta Penyelidikan Secara Tuntas

0
Kematian Ajudan Kapolda Kaltara, Kapolri Listyo Sigit Prabowo Minta Penyelidikan Secara Tuntas
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Jakarta – Ajudan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Utara (Kaltara) ditemukan tewas di rumah dinas di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kaltara pada Jumat, 22 September 2023. Hasil autopsi menunjukkan bahwa kematian tersebut disebabkan oleh luka tembak yang menembus jantung dan paru-paru.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengambil langkah-langkah serius dalam menangani insiden ini. Beliau telah memerintahkan Kapolda Kaltara, Irjen Daniel Aditya Jaya, untuk melakukan penyelidikan secara menyeluruh.

“Sudah saya perintah kepada Pak Kapolda bahwa terkait dengan peristiwa yang terjadi ini betul-betul diusut secara cermat secara tuntas. Manfaatkan CSI (Crime Science Investigation) yang kita miliki sehingga kemudian hasil akhirnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” kata Listyo dalam keterangannya pada Minggu, 24 September 2023.

Listyo juga menekankan pentingnya transparansi dalam penyelidikan ini dan telah memerintahkan Bareskrim Puslabfor untuk memberikan dukungan dengan menurunkan dokter-dokter forensik.

“Saya sudah perintahkan juga dari Bareskrim Puslabfor untuk ikut mendukung dokter-dokter forensik kita untuk ikut mendukung. Sehingga kemudian hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan ke publik terutama ke keluarga. Saya kira Polri selalu transparan,” tegasnya.

Listyo menegaskan bahwa penyelidikan masih berlangsung, dan pihaknya tidak ingin terburu-buru dalam menarik kesimpulan mengenai penyebab kematian ajudan Kapolda Kaltara.

“Penyelidikan sampai saat ini masih berjalan, saya juga tidak mau tergesa-gesa. Karena kemarin juga sedang dilakukan autopsi dan tentunya di luar autopsi tim labfor juga bekerja, dan ini semua akan menjadi satu kesatuan yang kemudian menjadi kesimpulan di dalam hasil penyelidikan nanti,” terangnya.

“Apakah nanti ada unsur pidana ataukah unsur lain semuanya tentunya akan didapatkan setelah rangkaian tersebut,” tambahnya.

Sebelumnya, Briptu Herlambang, ajudan Kapolda Kalimantan Utara, Inspektur Jenderal Polisi Daniel Adityajaya, dikabarkan meninggal dunia. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltara, Komisaris Besar Polisi Budi Rachmad, telah mengonfirmasi berita ini.

“Betul (ajudan Kapolda Kaltara meninggal),” ucap dia kepada wartawan pada Jumat, 22 September 2023.

Korban ditemukan meninggal dunia di dalam rumah dinas, dan beliau ditemukan sendirian di dalam kamar. (sugeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini