Beranda Berita Wartawan Mengecam dan Berunjuk Rasa, MA Pelajari Vonis Bebas David A Miauw

Wartawan Mengecam dan Berunjuk Rasa, MA Pelajari Vonis Bebas David A Miauw

0
Wartawan Mengecam dan Berunjuk Rasa, MA Pelajari Vonis Bebas David A Miauw
Makamah Agung

Jakarta | Sinar Pagi Mahkamah Agung (MA) akan mempelajari vonis bebas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap David A Miauw selaku terdakwa kasus pemukulan wartawan Tempo.

“MA sebagai benteng terakhir keadilan akan mempelajarinya,” kata Sekjen MA Gunanto Suryono menanggapi aksi protes puluhan jurnalis yang mendatangi Kantor MA Jakarta, Jumat (11/7).

Namun sampai sekarang, lanjut dia, MA belum bisa memberikan komentar apa-apa karena belum ada laporan dari pihak pengadilan.

“Apapun juga keputusan PN Jakpus belum kita baca lengkap. Tapi kita berpatokan pada hukum acara,” jelas Gunanto.

Dikatakan dia, aspirasi dari para wartawan akan dilaporkan kepada Ketua MA Bagir Manan untuk mendapat respon. MA sendiri hanya bisa merekomendasi, karena yang mempunyai kewenangan adalah Depkeh dan HAM.

“MA mendukung upaya memperjuangkan penegakan hukum, termasuk juga upaya-upaya menjaga kebebasan pers yang telah diperjuangkan puluhan tahun,” tukas Gunanto seperti dikutip detikcom.

Dalam aksi protes itu, tampak Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Jakarta Romi Fibri, Pimpinan Umum Tempo Fikri Jufri, wartawan senior Abdullah Alamudi dan tim kuasa hukum dari LBH Pers.

Wartawan Kecam

Sementara itu, terdakwa pemukulan terhadap wartawan Tempo, David A Miauw, divonis bebas oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat dikecam oleh wartawan.

Puluhan wartawan menyampaikan sikapnya dalam unjuk rasa di depan kantor Mahkamah Agung (MA), Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (11/7). Mereka terdiri dari para wartawan berbagai media. Mereka tiba di gedung MA pukul 14.20 WIB, dengan menggunakan berbagai kendaraan.
Dalam aksinya, para wartawan ini mengenakan ikat kepala yang bertuliskan ‘Gerakan Anti Premanisme’. Aksi ini dipimpin oleh Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta Rommy Fibri.

Sampai berita ini diturunkan, para wartawan masih melakukan orasi di depan pintu gerbang MA. Dalam orasinya mereka mengecam vonis bebas terhadap David A Miauw, orang dekat Tomy Winata. Menurut mereka, pembebasan itu akan mengancam kebebasan pers.

Berbagai spanduk juga mereka bawa. Antara lain bertuliskan, ‘Awas Musuh Pers Lepas’, ‘Kebebasan Pers Masih Muda, Pers Bebas Mati, Demokrasi Juga Mati’. (sugeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini