Beranda Berita Info Penting Cara Cek DA dan PA Website

Cara Cek DA dan PA Website

0
Cara Cek DA dan PA Website
dok. Istimewa

Pada awal tahun 2014, Google mengumumkan perubahan besar dalam algoritma mereka yang akan memengaruhi peringkat SEO website. Salah satu perubahan paling mencolok adalah penghentian penggunaan PageRank sebagai faktor penentu peringkat. Pengumuman ini mengguncang komunitas pelaku SEO, terutama ketika John Muller, seorang tokoh utama dalam dunia SEO, mengindikasikan bahwa PageRank mungkin tidak akan diperbarui lagi.

Tidak lama setelah pengumuman ini, SearchEngineLand.com menghapus toolbar PageRank dari website mereka. Hal ini menandakan akhir dari era PageRank dalam menilai kualitas dan peringkat website.

Sebagai penggantinya, Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) menjadi standar baru dalam dunia SEO. DA dan PA digunakan untuk menilai kualitas suatu website atau blog. Semakin tinggi skor DA dan PA, semakin baik kualitasnya, dan semakin besar kemungkinan mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari seperti Google.

Apa Itu Domain Authority (DA)

Domain Authority (DA) adalah metrik yang digunakan oleh mesin pencari untuk menilai peringkat suatu website atau blog. Skor DA biasanya diberikan dalam rentang antara 1 hingga 100. Terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi tingkat DA suatu website:

  1. Usia Domain: Usia domain yang lebih tua cenderung memiliki skor DA yang lebih tinggi, terutama jika website tersebut secara rutin memperbarui konten berkualitas.
  2. Popularitas Domain: Popularitas sebuah domain dapat dilihat dari jumlah dan kualitas backlink yang mengarah ke website tersebut. Lebih penting lagi adalah kualitas daripada kuantitas backlink. Membuat konten berkualitas dan mendapatkan backlink dari website berkualitas lainnya dapat meningkatkan skor DA.
  3. Ukuran Domain: Ukuran domain mengacu pada jumlah konten berkualitas yang telah dipublikasikan. Semakin banyak konten berkualitas yang ada, semakin besar ukuran domain tersebut. Ini berarti mengalokasikan sumber daya untuk menciptakan konten berkualitas adalah penting.

Apa Itu Page Authority (PA)

Page Authority (PA) adalah metrik yang digunakan untuk menilai kualitas halaman tertentu dalam suatu domain. Berbeda dengan DA yang menilai seluruh domain, PA fokus pada peringkat halaman individual. Contohnya, jika DA adalah hotel, maka PA adalah penilaian terhadap kamarnya. Biasanya, skor PA lebih tinggi daripada skor DA untuk halaman dalam website.

Cara Mengecek DA dan PA

Untuk mengecek DA dan PA suatu website atau blog, Anda dapat menggunakan berbagai alat online, termasuk:

Berikut langkah-langkah umum untuk memeriksa DA dan PA menggunakan Website SEO Checker sebagai contoh:

  1. Buka Website SEO Checker.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Page Authority Checker.”
  3. Setelah dashboard terbuka, masukkan domain yang ingin Anda periksa untuk DA dan PA.
  4. Ikuti langkah verifikasi keamanan yang diminta (biasanya mengidentifikasi bahwa Anda bukan robot) dan klik “Check.”
  5. Anda akan melihat hasil dengan skor DA dan PA untuk domain yang Anda periksa, bersama dengan beberapa metrik SEO lainnya.

Dengan menggunakan metrik DA dan PA, Anda dapat menilai dan meningkatkan kualitas website Anda, serta bersaing lebih baik di mesin pencari.

Penulis: Indah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini