Beranda Berita Info Penting Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Di Facebook Menggunakan Pengaturan Privasi

Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Di Facebook Menggunakan Pengaturan Privasi

0
Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Di Facebook Menggunakan Pengaturan Privasi
Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Di Facebook

sinarpagi | Facebook itu kayak pasar, banyak orang yang jualan, belanja, ngobrol, atau cuma nongkrong. Tapi, bedanya, di Facebook kita bisa lihat profil orang lain, termasuk nomor teleponnya. Nah, ada yang suka, ada yang nggak. Ada yang senang kalau nomor teleponnya dilihat banyak orang, ada yang malah merasa risih. Kamu termasuk yang mana? Gimana Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Di Facebook?

Kalau kamu termasuk yang nggak mau nomor teleponmu diketahui orang lain, kamu harus tahu cara menyembunyikan nomor telepon di Facebook. Kenapa? Ya, biar kamu nggak kena hal-hal yang bikin repot, seperti ditelpon orang asing, dimintai pulsa, atau dikejar debt collector. Selain itu, kamu juga bisa atur siapa aja yang boleh lihat nomor teleponmu, misalnya cuma teman dekat, keluarga, atau gebetan.

Gimana caranya? Gampang kok. Kamu nggak perlu jadi hacker, nggak perlu pakai aplikasi tambahan, nggak perlu ganti nomor. Kamu cuma perlu ikutin langkah-langkah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan Facebook kamu

Langkah pertama, kamu harus buka pengaturan Facebook kamu. Caranya gini:

  • Pertama, Buka aplikasi Facebook di hape kamu atau buka situs Facebook di laptop kamu.
  • Masuk ke akun Facebook kamu dengan pakai email dan kata sandi kamu.
  • Klik ikon menu yang bentuknya kayak tiga garis ngebut di pojok kanan atas layar (kalau pakai hape) atau klik ikon segitiga yang kebalik di pojok kanan atas layar (kalau pakai laptop).
  • Pilih “Pengaturan & Privasi” (kalau pakai hape) atau “Pengaturan” (kalau pakai laptop).

Langkah 2: Pilih Informasi Pribadi kamu

Langkah selanjutnya, kamu harus pilih informasi pribadi kamu. Caranya gini:

  • Pertama, Geser layar ke bawah sampai kamu nemu “Informasi Pribadi” (kalau pakai hape) atau klik “Informasi Pribadi kamu” yang ada di kiri layar (kalau pakai laptop).
  • Selanjutnya, Pilih “Informasi Kontak” (kalau pakai hape) atau klik “Informasi Kontak” yang ada di kanan layar (kalau pakai laptop).

Langkah 3: Ubah Pengaturan Privasi Nomor Telepon kamu

Kalau kamu mau ngilangin nomor HP kamu dari Facebook, gampang banget kok. Cuma butuh lima langkah doang. Ini dia caranya:

  • Pertama, Buka Facebook, terus liat nomor HP kamu yang ada di situ. Kalau gak ada, berarti kamu belum daftar nomor HP kamu. Kalau udah ada, lanjut ke langkah berikutnya.
  • Berikutnya, Cari ikon pensil yang ada di sebelah kanan nomor HP kamu. Karena Itu buat ngedit nomor HP kamu. Klik aja itu. Kalau kamu pake HP, ikonnya pensil. Kalau kamu pake komputer, ikonnya tulisan “Edit”.
  • Setelah itu, kamu bakal liat ikon gembok yang ada di sebelah kanan nomor HP kamu. Itu buat ngatur siapa aja yang bisa liat nomor HP kamu. Klik aja itu. Kalau kamu pake HP, ikonnya gembok. Kalau kamu pake komputer, ikonnya tulisan “Siapa yang dapat melihat nomor telepon kamu di profil kamu?”.
  • Kemudian, kamu bakal liat beberapa pilihan, Pilih aja yang paling bawah, yaitu “Hanya Saya”. Itu artinya cuma kamu doang yang bisa liat nomor HP kamu. Kalau kamu pake HP, pilihannya ada di tengah. Kalau kamu pake komputer, pilihannya ada di kiri.
  • Terakhir, klik “Simpan Perubahan”. Itu buat nyimpen pengaturan yang udah kamu ubah. Kalau kamu pake HP, tombolnya ada di bawah. Kalau kamu pake komputer, tombolnya ada di kanan.

 

Mengapa kamu Perlu Menyembunyikan Nomor Telepon di Facebook?

Kalau kamu punya nomor telepon, jangan asal-asalan kasih ke Facebook ya. Soalnya, ada banyak bahaya yang mengintai kalau kamu nggak hati-hati. Apa aja sih bahayanya? Ini dia:

• Privasi Kamu Bisa Ilang

Nomor telepon itu kan kayak KTP, bisa buat ngidentifikasi kamu. Kalau kamu kasih ke Facebook, siapa aja bisa tau siapa kamu, dimana kamu, ngapain aja kamu. Bisa-bisa kamu jadi target iklan yang nggak penting-penting, survei yang nggak jelas, atau penawaran yang nggak masuk akal.

• Spam, Penipuan, Atau Gangguan Bisa Ngejar-Ngejar Kamu

Nomor telepon kamu itu kayak pintu rumah, kalau nggak dikunci, orang-orang iseng bisa masuk seenaknya. Mereka bisa kirim pesan sampah, tipu-tipu kamu, atau nelpon kamu terus-terusan tanpa alasan. Ini bisa bikin kamu nggak nyaman dan nggak aman. Kamu juga bisa jadi korban hack, santet, atau culik kalau nomor telepon kamu disalahgunakan oleh orang-orang jahat.

• Kamu Bisa Atur Siapa Aja Yang Boleh Lihat Nomor Telepon Kamu Di Facebook

Kalau kamu sembunyiin nomor telepon di Facebook, kamu bisa pilih siapa aja yang boleh lihat nomor telepon kamu di Facebook. Kamu bisa kasih ke orang-orang yang kamu percaya, kayak keluarga, sahabat, atau pacar. Eh, maksud saya rekan kerja. Kamu juga bisa nggak kasih ke siapa-siapa, termasuk teman kamu di Facebook. Ini bisa bantu kamu jaga hubungan yang baik dan damai dengan orang-orang sekitar kamu.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini