Beranda Berita Info Penting Cara Melihat Trend Worldwide di Twitter tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Melihat Trend Worldwide di Twitter tanpa Aplikasi Tambahan

0
Cara Melihat Trend Worldwide di Twitter tanpa Aplikasi Tambahan
Cara Melihat Trend Worldwide di Twitter

 sinarpagi | Twitter itu kayak media sosial yang lagi hits banget di dunia. Orang-orang pada pake Twitter buat ngasih tau apa aja, mulai dari info, opini, hiburan, sampai curhatan galau. Nah, salah satu fitur yang bikin Twitter seru itu namanya trend, yaitu topik-topik yang lagi heboh diperbincangkan sama netizen di mana-mana.

Trend di Twitter itu bisa jadi bahan buat loe, entah itu buat dapet ide, ilmu, atau sekedar ketawa-ketawa. Loe bisa liat apa aja yang lagi jadi sorotan orang-orang di negara-negara lain, kota-kota lain, atau bahkan di sebelah rumah loe. Tapi, gimana sih caranya liat trend worldwide di Twitter tanpa pake aplikasi macem-macem?

Langkah-langkah Melihat Trend Worldwide di Twitter

Kalau kamu pengen Melihat Trend Worldwide di Twitter dunia, tapi males buka aplikasi macam-macam, gampang banget kok caranya. Cukup pakai Twitter aja, yang pasti ada di hape atau laptop kamu. Ini dia caranya:

1.      Buka Twitter, entah itu lewat browser atau aplikasi.

Kalau kamu belum punya akun, ya bikin dulu dong. Gratis kok, nggak perlu bayar. Kalau kamu sudah punya akun, ya masuk aja pake username dan password kamu.

2.      Setelah masuk ke Twitter, cari ikon kaca pembesar di bawah layar.

Itu bukan kaca mata, ya. Jangan sampai kamu salah pencet, nanti malah lihat timeline orang lain. Kaca pembesar itu buat nyari sesuatu di Twitter, misalnya hashtag, nama orang, atau kata kunci. Klik atau ketuk ikon itu, tergantung kamu pakai mouse atau jari.

3.      ketuk ikon kaca pembesar

Nah, setelah kamu klik atau ketuk ikon kaca pembesar, kamu akan dibawa ke halaman pencarian. Di sana, kamu akan lihat daftar trend yang ada di sebelah kanan layar kalau kamu pakai browser, atau di atas layar kalau kamu pakai aplikasi.

Daftar trend itu menunjukkan apa yang lagi rame dibicarakan orang-orang di Twitter, berdasarkan lokasi kamu sekarang. Jadi, kalau kamu lagi di Indonesia, kamu akan lihat trend yang ada hubungannya sama Indonesia, misalnya politik, artis, atau bola. Kalau kamu lagi di luar negeri, ya kamu akan lihat trend yang ada hubungannya sama negara itu, misalnya cuaca, makanan, atau virus.

4.      kamu bisa ganti lokasi kamu di Twitter

Tapi, kalau kamu pengen Melihat Trend Worldwide di Twitter yang nggak terbatas sama lokasi kamu, kamu bisa ganti lokasi kamu di Twitter. Caranya, klik atau ketuk ikon roda gigi yang ada di sebelah kanan tulisan “Trends for you” kalau kamu pakai browser, atau ikon titik tiga yang ada di sebelah kanan tulisan “Trends” kalau kamu pakai aplikasi.

5.      Setelah kamu klik atau ketuk ikon itu, kamu akan lihat pilihan “Change location”.

Itu artinya ganti lokasi, bukan ganti baju. Jangan sampai kamu salah paham, nanti malah buka baju di depan layar. Klik atau ketuk pilihan itu, nanti kamu akan lihat daftar lokasi yang bisa kamu pilih. Ada banyak banget lokasi di sana, dari yang dekat sampai yang jauh, dari yang kamu kenal sampai yang kamu nggak kenal.

6.      Dari daftar lokasi itu, cari dan pilih “Worldwide”.

Itu artinya seluruh dunia, bukan nama band. Jangan sampai kamu salah pilih, nanti malah dengerin lagu-lagu yang nggak kamu suka. Kalau kamu bingung nyari “Worldwide” di daftar lokasi, kamu bisa ketik “Worldwide” di kolom pencarian yang ada di atas daftar lokasi. Itu lebih cepat dan mudah daripada nyari satu per satu.

Tips Menemukan Trend yang Diinginkan

Kalau kamu suka ngintip-ngintip trend yang lagi ngehits di Twitter, pasti kamu juga pengen tau trend yang cocok sama selera atau kebutuhan kamu. Nah, biar gak bingung, gue kasih tau nih beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat nyari trend yang kamu mau:

  • Pertama, Manfaatin fitur search di Twitter buat nyari kata kunci, hashtag, atau frasa yang ada hubungannya sama topik yang kamu cari. Kamu bisa nyesuain hasil search-nya berdasarkan jenis konten, waktu, akun, bahasa, dan lain-lain.

Misalnya, kalo kamu mau nyari trend tentang olahraga, kamu bisa ketik “#sports” atau “sports” di kolom search dan pilih tab “Latest” buat liat tweet-tweet terbaru tentang olahraga. Ikutin akun-akun yang nyambung sama topik yang kamu cari.

Kamu bisa liat akun-akun yang terkenal, berpengaruh, atau terpercaya di bidang yang kamu minati. Kamu juga bisa liat akun-akun yang direkomendasiin sama Twitter berdasarkan minat kamu. Misalnya, kalo kamu mau nyari trend tentang teknologi, kamu bisa ikutin akun-akun kayak @TechCrunch, @WIRED, @verge, dan lain-lain.

  • Gabung sama komunitas atau grup yang sejalan sama topik yang kamu cari. Kamu bisa nemuin komunitas atau grup di Twitter Spaces, Fleets, atau DM. Kamu bisa ngobrol-ngobrol sama orang-orang yang punya minat yang sama, tuker-tukeran info, atau dapetin rekomendasi. Misalnya, kalo kamu mau nyari trend tentang musik, kamu bisa gabung sama komunitas atau grup yang ngomongin genre, artis, atau lagu favorit kamu.
  • Bikin daftar yang isinya akun-akun, hashtag, atau topik yang kamu ikutin. Kamu bisa bikin daftar sendiri atau ikutin daftar yang dibikin sama orang lain. Kamu bisa liat daftar yang kamu bikin atau ikutin di halaman profil kamu. Daftar ini bisa bantu kamu atur dan pantau konten yang kamu mau. Misalnya, kalo kamu mau nyari trend tentang kesehatan, kamu bisa bikin atau ikutin daftar yang isinya akun-akun, hashtag, atau topik tentang kesehatan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini