Beranda Berita Info Penting Cara Upload Video Di Facebook Durasi Panjang Melalui Smartphone Android atau iOS

Cara Upload Video Di Facebook Durasi Panjang Melalui Smartphone Android atau iOS

0
Cara Upload Video Di Facebook Durasi Panjang Melalui Smartphone Android atau iOS
Cara Upload Video Di Facebook Durasi Panjang

sinarpagi | Facebook itu kan media sosial yang paling ngehits di dunia, banyak banget fitur-fitur keren yang bisa kita nikmati, salah satunya fitur video. Kita bisa upload video ke Facebook buat nge-share momen, info, atau hiburan sama temen-temen, keluarga, atau followers kita. Tapi, sebelum kita upload video ke Facebook, ada beberapa hal yang harus kita perhatiin, apalagi kalo video kita itu panjang-panjang.

Apa itu Video Durasi Panjang di Facebook?

Video durasi panjang di Facebook itu video yang durasinya lebih dari 3 menit, bukan 3 detik. Video durasi panjang ini punya banyak keuntungan, misalnya:

  • Bisa nampilin lebih banyak konten dan info yang mau kita sampaikan, biar ga nanggung
  • Bisa bikin penonton lebih betah dan interaktif sama video kita, bisa like, comment, share, atau save, sesuka hati
  • Bisa dapet duit dari iklan yang muncul di video kita, kalo kita udah lolos jadi Facebook Creator Tapi, video durasi panjang juga punya banyak tantangan, contohnya:
  • Butuh memori yang gede di smartphone kita, jangan sampe penuh gara-gara video doang
  • Butuh internet yang kenceng dan stabil buat upload video kita, jangan sampe putus-putus atau lemot
  • Butuh sabar buat nunggu proses upload dan publish video kita, jangan sampe bosen atau ngantuk
  • Butuh teliti buat ngecek kualitas video kita, kayak resolusi, format, ukuran, dan durasi, jangan sampe jelek atau salah Makanya, kita harus tau cara upload video di Facebook durasi panjang yang bener, biar video kita bisa tampil maksimal dan sesuai sama standar Facebook.

Cara Upload Video di Facebook Durasi Panjang Melalui Smartphone Android atau iOS

Ini dia cara upload video di Facebook durasi panjang lewat smartphone Android atau iOS:

  • Cek dulu aplikasi Facebook di smartphone kamu udah yang terbaru apa belum. Kalo belum, buruan update di Google Play Store buat Android atau App Store buat iOS.
  • Buka aplikasi Facebook dan login pake akun kamu. Kalo belom punya akun Facebook, yaudah bikin aja, gampang kok dan gratis pula.
  • Pilih tab Video di bawah layar. Kamu bakal liat banyak video yang diupload sama orang-orang, termasuk video durasi panjang.
  • Klik ikon plus (+) di atas layar buat bikin video baru. Kamu bisa pilih mau rekam video langsung dari kamera smartphone kamu atau pilih video yang udah ada di galeri smartphone kamu.
  • Kalo kamu pilih rekam video, pastiin memori kamu cukup dan kamera kamu bagus. Kamu bisa atur resolusi, mode, dan filter video sesuai selera kamu. Kalo kamu pilih pilih video, pastiin video kamu formatnya cocok sama Facebook, kayak MP4, MOV, AVI, atau MKV. Kamu juga bisa edit video kamu dengan potong, putar, atau tambah teks, stiker, atau musik.
  • Jadi, Kalo kamu udah puas sama video kamu, klik tombol Next di kanan atas layar. Kamu bakal masuk ke halaman Upload Video, di situ kamu bisa nambahin detail video kamu, kayak judul, deskripsi, tag, thumbnail, dan kategori. Kamu juga bisa atur privasi video kamu, mau video kamu diliat sama siapa aja, publik, temen, atau cuma kamu doang.
  • Kalo kamu pengen dapet duit dari video kamu, kamu bisa aktifin fitur In-Stream Ads, yang bakal nampilin iklan di video kamu. Tapi, kamu harus lolos beberapa syarat buat jadi Facebook Creator, kayak punya minimal 10.000 followers, 600.000 menit nonton dalam 60 hari terakhir, dan nurut sama aturan Facebook. Kamu juga bisa atur lokasi dan durasi iklan yang bakal muncul di video kamu.
  • Kalo kamu udah selesai ngisi detail video kamu, klik tombol Publish di kanan atas layar. Proses upload dan publish video kamu bakal mulai. Kamu bisa liat progres upload video kamu di tab Video. Kamu juga bisa batalin atau jeda proses upload video kamu kalo kamu pengen ganti atau hapus video kamu.
  • Kalo proses upload dan publish video kamu udah kelar, video kamu bakal muncul di tab Video dan juga di profil, halaman, atau grup Facebook kamu, tergantung privasi video kamu. Kamu bisa liat statistik video kamu, kayak berapa orang yang nonton, tontonan, like, comment, share, atau save. Kamu juga bisa ngurusin video kamu, kayak edit, hapus, atau share video kamu.

Nah, itu dia cara upload video di Facebook durasi panjang lewat smartphone Android atau iOS. Dengan ngikutin langkah-langkah ini, kamu bisa share video durasi panjang kamu dengan gampang dan cepet di Facebook. Semoga artikel ini berguna dan selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini