Beranda Budaya 9 Budaya Indonesia yang Mendunia dan Alasannya

9 Budaya Indonesia yang Mendunia dan Alasannya

0
9 Budaya Indonesia yang Mendunia dan Alasannya
Budaya Indonesia yang Mendunia

sinarpagi | Bro, Indo itu kayanya pesta budaya terus, deh! Suku, bahasa, agama, sampe tradisi, semua bermesraan di tanah air kita yang penuh cinta. Budaya Indo nggak cuma jadi favorit lokal aja, tapi juga jadi idola banyak orang dari pelosok dunia. apalagi Budaya Indonesia yang Mendunia itu!

Salah satu bukti kalau dunia ngefans banget sama budaya Indo adalah banyaknya yang dapet pengakuan dari UNESCO sebagai warisan dunia. Ada batik, wayang, angklung, keris, sampe tari saman. Budaya Indo emang unik dan cantik banget, mulai dari rumah adat, pakaian adat, alat musik tradisional, lagu daerah, sampe makanan khas.

Penasaran sama keajaiban budaya Indo ini? Pengen tahu lebih banyak tentang budaya kita yang bikin heboh di seluruh dunia? Kalo iya, jangan lewatkan artikel ini, bro. Kita bakal bahas 9 budaya Indonesia yang paling hits dan dicintai oleh banyak orang di luar sana. Let’s get this cultural party started!

1.      Batik

Jadi, ada yang namanya batik, bro. Ini kaya kain yang diacak-acak pake lilin sebelum dicelup pewarna alami. Motifnya bervariasi, bisa dari daerah, filosofi, sampe nilai-nilai budaya gitu. Batik udah jadi ciri khas Indonesia dan jadi fashion item favorit di mancanegara. UNESCO juga mengakui batik sebagai Warisan Budaya Manusia pada tahun 2009, loh!

 

2.      Wayang

Budaya Indonesia yang Mendunia selanjutnya adalah wayang. Ini nih yang pake boneka kulit atau kayu buat pertunjukan. Kisah-kisah epik, legenda, sampe kehidupan sehari-hari, semuanya diceritain pake wayang. Ada dalang yang ngatur bonekanya, suara, sampe nyanyi lagu-lagu. Ditambah musik gamelan yang dramatis dan magis, bikin wayang jadi seni pertunjukan tertua yang masih ngehits sampe sekarang. UNESCO juga ngakuin wayang sebagai Karya Agung Warisan Budaya Manusia pada tahun 2003, bro!

 

3.      Angklung

Ini alat musik dari bambu, bro. Dibentuk jadi pipa-pipa yang bersuara pas digoyang. Nada-nadanya harmonis dan melodis, bisa dimainin bareng-bareng jadi orkestra. Asalnya dari Jawa Barat, angklung nggak cuma buat hiburan, tapi juga komunikasi dan ritual. UNESCO juga ngasih penghargaan Karya Agung Warisan Budaya Manusia pada tahun 2010 buat angklung, loh!

 

4.      Keris

Keris itu senjata tajam yang unik bentuknya, bro. Ada pamor (pola) khasnya, nggak simetris gitu bilahnya. Selain buat perang, keris juga simbol kekuasaan, kehormatan, dan kepercayaan. Dipercaya juga punya kekuatan magis dan spiritual. Keris jadi salah satu warisan budaya Indo yang paling terkenal. UNESCO nyatain Keris sebagai Warisan Budaya Manusia pada tahun 2005!

 

5.      Tari Saman

Nah, ini tari keren dari Aceh, bro. Gerakannya sinkron, dinamis, dan padu banget. Biasanya ditarikan sama sekelompok laki-laki yang duduk berbaris. Gerak tangan, kepala, bahu, dan dada mereka seragam banget, sambil nyanyiin syair-syair berisi pesan dakwah, nasihat, atau pujian. Tari Saman juga diakui sebagai Warisan Budaya Manusia oleh UNESCO pada tahun 2011, bro!

 

Jadi, Indo itu emang kaya budaya, dari batik sampe tarian tradisional. Semua jadi kebanggaan kita dan ternyata banyak yang diakui dunia, loh!

Bro, Indo emang ga ada matinya, punya tarian-tarian keren yang bikin kita bangga! Nah, kita bahas lagi beberapa yang gak kalah heboh dari yang tadi, yuk!

 

6.      Tari Kecak

Nah kalo Budaya Indonesia yang Mendunia ini pasti kamu sudah tau. Tari Kecak ini dari Bali, bro! Ada gerakan ekspresif, dramatis, dan artistik banget. Kelompok cowoknya duduk berlingkar, sambil ngelakuin gerakan tangan, badan, mulut, sambil teriak-teriak “cak-cak-cak” yang jadi irama. Biasanya, mereka ceritain kisah Ramayana, yang intinya Rama berusaha nyelamatin Sita dari Ravana. Tari Kecak ini spektakuler abis, gabungin seni, budaya, sampe religi. UNESCO juga ngakui kehebatan Tari Kecak pada tahun 2015!

 

7.      Reog Ponorogo

Ini dari Jawa Timur, bro! Ada gerakan yang gagah, berani, dan atraktif. Penarinya pake topeng singa berhias bulu merak yang beratnya bisa sampe 50-60 kg, disebut Singo Barong. Ditambah penari lain yang pake kostum kuda lumping, warok, atau bantengan. Ceritanya tentang perjuangan Pangeran Kelono Sewandono yang pengen nikah sama Dewi Songgolangit. Reog Ponorogo ini unik dan menarik banget, gabungin kekuatan, keterampilan, dan keindahan. UNESCO ngeresmiin jadi Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia pada tahun 2017!

 

8.      Gamelan

Gamelan ini alat musik, guys! Macem-macem instrumen perkusi dari logam, kayu, sampe bambu. Suaranya merdu, harmonis, dan ritmis banget, bisa dimainin solo atau berjamaah. Asalnya dari Jawa, Bali, dan Lombok, dan tiap daerah punya gaya berbeda. Biasanya dipake buat ngiringin pertunjukan wayang, tari, teater, atau upacara adat. Gamelan ini khas dan elegan banget, mencerminkan kebudayaan, kearifan, dan keindahan. UNESCO ngeresmiin jadi Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia pada tahun 2019!

 

9.      Pencak Silat

Nah, yang terakhir, Pencak Silat, bro! Seni bela diri yang lincah, gesit, dan tangkas. Gak cuma buat bela diri, tapi juga jadi olahraga, seni, dan budaya. Isi Pencak Silat juga penuh nilai moral, etika, dan spiritual, terkait dengan ajaran Islam, Hindu, atau Buddha. Jadi ini bukan cuma sekadar pukulan, tapi juga penuh kecerdasan dan keberanian. UNESCO akui kehebatan Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia pada tahun 2019!

Nah, itu dia 8 budaya Indonesia yang mendunia dan alasannya, bro. Kita harus bangga banget punya budaya yang beragam dan indah. Budaya itu bukan cuma warisan leluhur, tapi juga identitas kita sebagai bangsa. Makanya, kita harus melestarikan dan mengembangkan budaya kita, bro. Jangan sampai kita kehilangan budaya kita karena pengaruh globalisasi atau modernisasi. Kita harus tetap menjaga nilai-nilai budaya kita yang luhur dan mulia. Karena, budaya itu adalah jiwa kita, bro!

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih sudah membaca, bro. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam budaya!

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini