Beranda Daerah Di Solo Demo Belum Usai

Di Solo Demo Belum Usai

0
Di Solo Demo Belum Usai
Ilustrasi Demo

Solo | Sinar Pagi Aksi demo, meski tidak besar-besaran, Rabu (11/11) masih berlangsung di halaman Balaikota, Solo. Para pendemo itu bahkan sudah menginap sejak Selasa (10/1) malam. Sambil tiduran di halaman gedung, mereka menyanyikan lagu-lagu yang intinya mengejek peran ABRI lewat dwifungsi.

Tak ada satu pun aparat keamanan menjaga dan mengawasi mereka. Sementara, pintu utama gedung di kompleks balaikota ditutup, sehingga semua pengunjung harus lewat pintu samping. Selain dari Aksi Pelajar Indonesia, turut bergabung dalam aksi tersebut antara lain Komite Reformasi Kaum Buruh (KRKB), Himpunan Seniman Jalanan Surakarta Hadiningrat dan PRD.

Mereka membentangkan beragam spanduk identitas dan tuntutan mereka, bahkan sepanjang pagar utama kompleks balaikota dipasang pula bendera Dewan Reformasi Mahasiswa Surakarta (DRMS). Selain mencabut dwifungsi ABRI, mereka juga menuntut dihapuskannya lembaga organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dan penghapusan uang pendidikan.

Sementara, hal yang sama dilakukan Solidaritas Mahasiswa Peduli Rakyat (SMPR) dengan menggelar kemah di bulevar kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sejak kemarin, puluhan aktivis bertahan di pintu masuk utama kampus.

Di antara butir tuntutan yang terpampang di spanduk mereka antara lain : ‘Cabut Asas Tunggal,’ ‘Bentuk Pemerintahan Transisi Demokratik’ dan ‘Bubarkan Dwifungsi ABRI.’ Menurut para pengunjuk rasa, mereka tidak akan membubarkan diri selama Habibie masih menjadi orang nomor satu di negeri ini. (diki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini