Beranda Kuliner 10 Rekomendasi Kuliner Bondowoso yang Wajib Dicoba

10 Rekomendasi Kuliner Bondowoso yang Wajib Dicoba

0
10 Rekomendasi Kuliner Bondowoso yang Wajib Dicoba
Kuliner Bondowoso

sinarpagi | Bondowoso itu apa sih? Bondowoso itu kota tape, bro. Tape itu makanan yang dibuat dari singkong atau ketan yang dibiarkan basi sampai jadi manis dan asam. Tape bondowoso itu enak banget, makanya banyak yang suka. Tapi tape aja nggak cukup, Bondowoso juga punya banyak makanan lain yang bikin kamu ngiler. Kalau kamu mau ke Bondowoso, wajib deh coba 8 Kuliner ini:

1.   Bakso Gulung

Kuliner Bakso gulung itu bakso yang nggak mau biasa-biasa aja. Bakso ini nggak bulat, tapi di gulung-gulung kayak kertas. Kuliner Bakso ini di isi sama telur, daging, atau keju, terus di rebus. Bakso gulung ini di makan sama kuah yang seger dan gurih. Kalau mau lebih kenyang, kamu bisa tambah lontong atau ketupat.

Kuliner Bakso gulung ini pas banget buat di makan pas dingin-dingin atau pas laper-laper. Bakso gulung ini bisa kamu cari di beberapa warung, salah satunya adalah Warung Lumintu Pak Kromo. Lumintu itu artinya apa ya? Lumintu itu artinya nggak bisa berhenti makan, karena bakso gulungnya enak banget.

2.   Tape Manis

Kuliner Tape manis itu tape yang di bakar sampai gosong dan wangi. Tape manis ini lembut di dalam dan renyah di luar. Oleh Oleh Tape manis ini di taburi gula pasir atau gula merah, biar makin manis dan bikin diabetes. Tape manis ini bisa kamu makan sebagai cemilan atau sebagai oleh-oleh.

Kuliner Tape manis ini bisa kamu beli di banyak tempat, salah satunya adalah Tape Manis Bondowoso. Tape manis ini cocok buat kamu yang suka manis-manis, tapi hati-hati ya, jangan sampai gigi kamu bolong.

3.   Pia Tape

Kuliner Pia tape itu kue kering yang isinya tape. Pia tape ini renyah di luar dan lembut di dalam. Pia tape ini juga manis dan legit.

Kuliner Pia tape ini bisa kamu makan sebagai cemilan atau sebagai oleh-oleh. Pia tape ini juga ada banyak rasa, kayak cokelat, keju, kacang, dan lain-lain. Oleh Oleh Pia tape ini bisa kamu beli di beberapa tempat, salah satu Kulinernya nya adalah Pia Tape Khas Bondowoso. Pia tape ini enak buat kamu yang suka kue-kue, tapi jangan lupa sikat gigi ya, biar nggak kena karies.

4.   Kopi Blankon

Kuliner Kopi blankon itu kopi yang di buat ala kadarnya, yaitu dengan nyeduh bubuk kopi yang udah gosong dengan air panas. Kopi blankon ini wanginya khas dan rasanya pekat dan mantap. Kopi blankon ini bisa kamu minum dengan gula atau tanpa gula, sesuai selera kamu.

Kuliner Kopi blankon ini bisa kamu temenin sama tape manis atau pia tape sebagai cemilan. Kopi blankon ini bisa kamu nikmati di beberapa tempat, salah satunya adalah Kopi Blankon Kuliner Khas Bondowoso. Kopi blankon ini cocok buat kamu yang suka kopi-kopi, tapi jangan minum terlalu banyak ya, nanti nggak bisa tidur.

5.   Surma

Kuliner Surma itu makanan yang datang dari Timur Tengah, tepatnya dari Arab Saudi. Surma itu kayak kebab, yaitu roti pipih yang diisi sama daging dan sayur. Surma ini ada dua bagian, yaitu kulit dan isian. Kulit surma itu dari tepung dan bahan lainnya yang di bikin jadi roti pipih.

Isian surma itu dari daging sapi atau ayam yang di cincang dan di campur sama mentimun, tomat, dan sayur lainnya. Isian surma ini juga di kasih saus yang bikin makin enak. Surma ini bisa kamu makan sebagai makanan berat atau sebagai cemilan. Kuliner Surma ini bisa kamu dapat di beberapa tempat, salah satunya adalah Warung Surma Bondowoso.

6.   Nasi Macan Bu Banjir

Kuliner Nasi macan bu banjir itu nasi yang nggak pelit-pelit. Nasi ini di sajikan sama lauk pauk yang banyak banget dan kuah yang banjir banget. Lauk pauknya itu ada ayam goreng, telur dadar, tempe goreng, tahu goreng, sambal goreng, dan sayur asem.

Kuahnya itu kuah santan yang gurih dan pedas. Kuliner Nasi macan bu banjir ini bisa kamu makan pas siang atau pas malam. Nasi macan bu banjir ini bisa kamu cari di beberapa tempat, salah satunya adalah Nasi Macan Bu Banjir Bondowoso. Nasi macan bu banjir itu namanya aneh ya, macan kok banjir. Mungkin macannya lagi mandi, siapa tahu.

7.   Nasi Mamong & Tapai Ngambeng

Kuliner Nasi mamong & tapai ngambeng itu nasi dan tape yang di bungkus sama daun pisang. Nasi mamong itu nasi yang di kukus pake daun pisang. Nasi mamong ini lembut dan gurih. Tapai ngambeng itu tape yang di goreng pake daun pisang.

Tapai ngambeng ini renyah dan manis dan asam. Nasi mamong & tapai ngambeng ini bisa kamu makan pas pagi atau pas ngemil. Nasi mamong & tapai ngambeng ini bisa kamu dapat di beberapa tempat, salah satunya adalah Nasi Mamong & Tapai Ngambeng Bondowoso. Kuliner Nasi mamong & tapai ngambeng itu namanya lucu ya, mamong itu artinya apa ya? Mamong itu artinya nggak mau kalah, karena nasi dan tape nya sama-sama enak.

8.   Rujak Gobet

Kuliner Rujak gobet itu rujak yang sehat dan segar. Rujak gobet itu rujak yang dari buah-buahan yang di potong-potong dan di campur sama bumbu kacang. Buah-buahannya itu ada mangga, jambu, nanas, kedondong, bengkuang, dan lain-lain.

Bumbu kacangnya itu dari kacang tanah, gula merah, cabai, asam jawa, dan garam. Rujak gobet ini bisa kamu makan pas pengen manis atau pas ngemil. Makanan Khas Rujak gobet ini bisa kamu beli di beberapa tempat, salah satunya adalah Rujak Gobet Bondowoso. Rujak gobet itu namanya unik ya, gobet itu artinya apa ya? Gobet itu artinya nggak bisa berhenti makan, karena rujaknya segar banget.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini