Beranda Politik Kaesang Pangarep Diminta Bijak dalam Menentukan Langkah Politiknya, Simak Saran dari Djarot Saiful Hidayat

Kaesang Pangarep Diminta Bijak dalam Menentukan Langkah Politiknya, Simak Saran dari Djarot Saiful Hidayat

0
Kaesang Pangarep Diminta Bijak dalam Menentukan Langkah Politiknya, Simak Saran dari Djarot Saiful Hidayat
dok. Istimewa

Jakarta – Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat, memberikan nasihat kepada Kaesang Pangarep terkait keputusannya untuk bergabung dengan sebuah partai politik. Saran ini muncul setelah ramainya rumor mengenai potensi bergabungnya Kaesang dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Djarot mengingatkan Kaesang tentang pentingnya menyelidiki latar belakang partai politik yang diminatinya. Dia menyarankan agar putra bungsu Presiden Jokowi tidak terburu-buru dalam membuat keputusan.

“Saran saya adalah agar saat mempertimbangkan untuk bergabung dengan partai politik, janganlah tergesa-gesa. Cobalah untuk memahami terlebih dahulu AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) partai tersebut,” ujar Djarot saat ditemui di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, pada tanggal 21 September 2023.

Sebelumnya, rumor tentang Kaesang Pangarep bergabung dengan PSI mencuat setelah akun Instagram resmi partai tersebut mengunggah video singkat yang menampilkan seorang pria yang sangat mirip dengan Kaesang, menggunakan nama samaran “Mawar.” PSI Solo kemudian memastikan bahwa individu tersebut adalah Kaesang Pangarep, dan mereka mengonfirmasi bahwa Kaesang telah bergabung dengan partai tersebut.

Dalam saran lainnya, Djarot Saiful Hidayat menyarankan Kaesang untuk memahami ideologi dan eksistensi partai yang diminatinya. Dia menekankan pentingnya memeriksa apakah ideologi tersebut benar-benar tercermin dalam program perjuangan partai tersebut.

“Kita harus memahami apakah ideologi tersebut benar-benar dapat diimplementasikan dalam program perjuangan partai. Selain itu, kita juga harus mengevaluasi dan memeriksa tata kelola organisasi partai politik tersebut,” tambahnya.

Djarot juga menyarankan Kaesang untuk memeriksa sehat atau tidaknya partai yang akan dia ikuti, terutama dalam konteks politik nasional. Dia mencatat bahwa sebuah partai bisa menjadi yang sehat atau hanya berfokus pada pencitraan untuk tujuan elektoral.

“Selain itu, penting juga untuk memeriksa sistem rekrutmen, pendidikan politik, dan kaderisasi yang diterapkan oleh partai tersebut. Semua hal ini harus dipertimbangkan sebelum membuat keputusan,” jelasnya.

Djarot menekankan bahwa saat ini Kaesang telah dewasa, dan keputusan akhir ada pada dirinya sendiri. “Kami akan memberikan keputusan kepada Kaesang. Namun, saya menyarankan agar dia tidak tergesa-gesa dan mempertimbangkan dengan matang. Sudah pasti, dia harus mendalami semua hal yang telah saya sampaikan,” tambahnya.

Djarot juga mengingatkan bahwa AD/ART PDIP melarang keras anggota keluarga inti untuk memiliki pilihan politik yang berbeda. Namun, dia melihat bahwa aturan tersebut tidak berlaku bagi Kaesang karena putra Presiden Jokowi tersebut sudah memiliki keluarga sendiri.

“Dalam konteks keluarga inti, seperti suami dan istri, memilih partai politik yang berbeda adalah hal yang dilarang. Namun, jika ini di luar keluarga inti, misalnya adik yang sudah menikah dan bergabung dengan partai lain, itu menjadi catatan dan pertimbangan tersendiri,” kata Djarot.

Terakhir, Djarot mengungkapkan bahwa PDIP siap menerima Kaesang jika dia memutuskan untuk bergabung dengan partai tersebut. “PDIP adalah partai yang terbuka terhadap generasi muda, dan kami dengan senang hati menerima Mas Kaesang jika dia memilih untuk bergabung,” pungkasnya. (sugeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini