Beranda Politik 70 Partai Ikuti Dialog Partai UGM

70 Partai Ikuti Dialog Partai UGM

0
70 Partai Ikuti Dialog Partai UGM
Partai

Jakarta | Sinar PagiDiskusi partai-partai yang akan digelar di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, bakal marak. Menurut Ketua panitia diskusi Prof Dr. Ichlasul Amal, sudah 70 partai lebih mendaftar untuk ikut serta.

“Sampai Kamis malam saya dapat laporan sudah 70 partai siap ikut. Saya kira sekarang sudah bertambah, mungkin sudah 80-an partai,” kata Ichlasul Amal di Kampus UI Depok.

Dialog multi partai itu, akan digelar dua hari, 5-6 Desember di Kampus UGM Yogya. Ketika UGM melontarkan ide dialog para partai-parti langsung mendaftar dan menyambut positif.

“Bahkan peserta bukan saja dari partai baru tapi tiga kontestan Pemilu yang lalu Golkar, PPP dan PDI juga akan ikut dialog multi partai tersebut,” tambah Amal.

Menurut Amal, gelaran dialog antar partai itu dilakukan UGM sebagai tanggungjawab moral unversitas agar pemilu merupakan titik tolak menunju masyarakat yang demokratis. “Dan bagi partai-partai baru itu, dialog partai ini bisa dijadikan temu diskusi tentang kode etik antar mereka untuk mempersiapkan Pemilu mendatang,” katanya.

“Bukan tak mungkin akan menjadi arena koalisi,” tegas lelaki asal Jember ini. Koalisi, katanya, sebaiknya dilakukan sebelum pemilu. Sebab kalau setelah pemilu percuma. “Kalau nggak ada suara koalisi kan percuma,” tegasnya. Namun bagaimana bentuk koalisinya, Amal tak menjelaskan karena itu tergantung peserta dialog sendiri.

Hasil dialog partai itu nantinya akan disampaikan ke DPR sebagai bahan masukan dalam pembahasan RUU Politik yang sekarang sedang di-bahas oleh Panitia Khusus (Pansus).

Dalam pertemuan itu Barisan Nasional pimpinan Kemal Idris dan GKPB pimpinan Sarwono tidak diundang karena bukan partai. Selain itu, Hayono Isman, Edy Sudrajat dan kawan-kawan yang menyatakan keluar dari Golkar dan membuat partai baru juga tak diundang karena partai mereka belum didaftarkan. (sugeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini