Beranda Politik Mendikbud Tidak Setuju PGRI Jadi Partai

Mendikbud Tidak Setuju PGRI Jadi Partai

0
Mendikbud Tidak Setuju PGRI Jadi Partai
Mendikbud

Jakarta | Sinar Pagi Rencana Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk menjadi partai sendiri, ditentang oleh Mendikbud Juwono Sudarsono. Sebab, partai tak selalu efektif sabagai alat perjuangan.

“Saya sudah dengar adanya ide itu, tapi menurut saya kurang sependapat,” kata Juwono, Jumat di kampus UI Depok.

Seperti diketahui, setelah acara kongres PGRI baru-baru ini muncul ide agar PGRI membuat partai sendiri. Sebab, selama ini nasib guru masih dianggap buruk. Mereka merasa terpinggirkan, sementara tugas mendidik cukup besar.

Selain itu, niat itu didorong oleh sikap Golkar selama ini. Sebagai organisasi parpol yang diandalkan, menurut para guru, Golkar ternyata tak pernah memperjuangkan nasib guru. Padahal aspirasi PGRI selama ini tidak kemana-mana kecuali ke Golkar.

Niat mendirikan partai itu tercetus 29 November lalu, ketika PGRI melakukan kongres di Jakarta. Dalam kongres itu terpilih sebagai ketua adalah Prof Dr Moh. Surya menggantikan Prof Basuni.

Lebih lanjut, Juwono menegaskan alasan agar PGRI tak membuat partai sendiri adalah selama ini partai itu tidak berdasarkan pada profesi tapi lintas profesi. Sebab, kalau hanya dari satu profesi nanti yang diperjuangkan hanya kelompok profesinya saja.

“Saya sih keberatan. Tapi kalau mereka memang bermaksud mendirikan begitu, kan saya tidak bisa menghalangi. Toh untuk mendirikan partai kan tidak perlu minta izin saya,” jelasnya.

Namun, sebagai Mendikbud kalau dimintai pendapat, memperjuangkan profesi guru itu lebih efektik sebagai organisasi profesi saja ketimbang harus menjadi partai. (sugeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini