Beranda Sport Nih, Ada Kelebihan Unik Sepeda Motor Listrik yang Bikin Ketagihan

Nih, Ada Kelebihan Unik Sepeda Motor Listrik yang Bikin Ketagihan

0
Nih, Ada Kelebihan Unik Sepeda Motor Listrik yang Bikin Ketagihan
Kelebihan Sepeda Motor Listrik

sinarpagi | Gak bisa dipungkiri, sepeda motor listrik lagi naik daun banget di Indonesia. Banyak yang penasaran dan akhirnya jatuh hati sama si motor listrik ini. Ya, selain karena hemat biaya, ramah lingkungan, dan gampang dirawat, si motor listrik punya kelebihan yang bikin dag-dig-dug. Nah, Kamu pada tahu gak, ada kelebihan khusus si motor listrik yang nggak ada di motor lain? Jelas, gue bakal bahas nih, langsung aja yuk!

1.   Hemat Listrik, Banget!

Salah satu ciri khas si motor listrik adalah hemat energi. Nggak perlu lagi repot-repot isi bensin atau solar, karena si motor ini ngandelin listrik sebagai sumber tenaganya. Listrik kan lebih murah, bersih, dan bisa diisi ulang dengan mudah. Pake motor listrik, bukan cuma bisa nyelipin kocek buat bahan bakar, tapi juga turut melindungi bumi dari emisi gas rumah kaca yang bikin keder.

Coba bayangin, kalo Kamu pakai motor bensin yang konsumsi bahan bakarnya 40 km/liter, dan Kamu nyetir 100 km sehari, berarti Kamu harus bayar sekitar Rp 30.000 sehari buat bensin (itung-itung harga bensin Rp 7.500 per liter). Nah, sebaliknya, kalo Kamu naik motor listrik yang konsumsi listriknya 0,1 kWh/km, dan Kamu nyetir sejauh 100 km, Kamu cuma perlu keluarin uang sekitar Rp 10.000 sehari buat listrik (asumsi harga listrik Rp 1.000 per kWh). Dengan begitu, Kamu bisa nabung Rp 20.000 sehari atau Rp 600.000 sebulan cuma dengan naik motor listrik.

2.   Sunyi Senyap Tanpa Ribut

Selain hemat listrik, si motor listrik ini punya kelebihan lain yang bikin hati tenang: nggak bising. Gak ada mesin pembakaran dalam yang bikin ribut, jadi Kamu bisa duduk manis di atas motor sambil dengerin suara alam, bukan deru mesin yang bikin telinga pening. Suara si motor listrik itu lembut dan nyaman banget buat didengar. Jadi, Kamu bisa nyetir dengan lebih tenang tanpa bikin keributan buat orang sekitar. Selain itu, Kamu juga nggak akan ikut-ikutan kena polusi suara yang bisa bikin stress dan ganggu pendengaran, deh.

Coba Kamu bayangin lagi, kalo Kamu naik motor bensin yang suaranya sekitar 80 dB, artinya Kamu kena suara setara dengan lalu lintas padat atau blender lagi nyala. Pasti gak enak banget, kan? Suara keras kaya gitu bisa bikin telinga budeg, pusing, darah tinggi, dan stress. Nah, beda lagi kalo Kamu naik motor listrik, tingkat kebisingannya cuma sekitar 40 dB, alias setara dengan suara percakapan biasa atau kipas angin. Suara yang lembut dan santai kaya gitu nggak bakal ganggu kesehatan dan kenyamanan Kamu , deh.

3.   Perawatan Tanpa Ribet

Salah satu kelebihan sepeda motor listrik yang paling nendang adalah perawatannya yang super gampang. Gak kayak motor bensin yang punya komponen ribet, si motor listrik ini simpel dan lebih santai. Kamu gak usah repot ganti oli, busi, filter udara, atau komponen yang lain yang sering bikin pusing. Cukup jaga baterai, motor, dan kabel listrik, deh. Jadinya, Kamu bisa lebih fokus ngurusin kebersihan motor daripada bengongin servis yang mahal dan ribet.

Contohnya, kalo Kamu punya motor bensin, tiap 2.000 km atau 3 bulan sekali, Kamu mesti servis rutin. Nah, servis ini berarti ganti oli, cek busi, filter udara, rantai, rem, dan lain-lain. Biaya servis rutin ini bisa nyampe Rp 100.000 sampai Rp 200.000 tiap kali servis, bro-sis. Nah, beda lagi kalo Kamu punya motor listrik. Gak usah repot-repot servis kayak gitu. Kamu cuma perlu bersihin dan isi baterai, cek motor sama kabel listrik, dan kalo ban udah aus, baru deh ganti. Biaya perawatannya bisa jauh lebih murah dan jarang dibanding motor bensin.

4.   Lebih Aman Gak Pake Ribet

Gak cuma soal perawatan, si motor listrik ini juga lebih aman, bro-sis. Rem-nya lebih responsif dan efektif dibanding motor bensin. Trus, ada fitur-fitur keamanan keren kayak lampu LED, alarm, kunci pintar, dan GPS. Jadi, kalo ada situasi darurat, Kamu lebih siap. Plus, risiko kebakaran atau ledakan juga lebih rendah, karena motor listrik gak pakai bahan bakar yang gampang meledak.

Contohnya, kalo Kamu punya motor bensin, Kamu harus hati-hati banget pas isi bensin, simpen, atau bawa-bawa bensin. Bensin kan bahan yang gampang meledak kalo kena api, percikan listrik, atau suhu tinggi. Kalo kebakaran atau ledakan, Kamu bisa luka bakar, motor rusak parah, atau bahkan mati. Nah, beda lagi kalo Kamu pakai motor listrik. Kamu gak perlu khawatirin hal kayak gitu. Baterai motor listrik punya sistem pengaman, jadi risiko kebakaran atau ledakan lebih kecil. Kalo ada masalah, alarm atau indikator langsung nyala buat ngasih tau Kamu .

Jadi, gitu deh, bro-sis, kelebihan sepeda motor listrik yang bikin hidup Kamu jadi lebih gampang. Dengan tahu kelebihannya, mungkin lu jadi kepikiran buat coba motor listrik sebagai kendaraan pilihan, kan? Motor listrik ini bener-bener kendaraan masa depan yang keren buat Kamu dan buat bumi kita. Jadi, Kamu udah siap belok ke jalur motor listrik, belum?

Semoga artikel ini bermanfaat buat Kamu , bro-sis. Kalo ada pertanyaan, saran, atau kritik, langsung aja tulis di komentar bawah. Makasih ya udah baca!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini