Beranda Sport Cara Merawat Sepeda Motor Listrik Roda 3 agar Awet dan Hemat Energi

Cara Merawat Sepeda Motor Listrik Roda 3 agar Awet dan Hemat Energi

0
Cara Merawat Sepeda Motor Listrik Roda 3 agar Awet dan Hemat Energi
Sepeda Motor Listrik Roda 3

sinarpagi | Hai Sobat Roda Tiga, gue punya cerita nih tentang sepeda motor listrik roda 3. Nah, ini tuh kayak kendaraan ajaib yang ramah lingkungan, gak bikin kantong bolong, dan praktis abis! Jadi begini, beda sama motor konvensional, sepeda motor listrik roda 3 ini gak perlu minyak, teman-teman. Dia hidup dengan baterai, yang bisa diisi ulang kapan aja.

Dan tau gak, sepeda motor listrik roda 3 ini juga punya kelebihan lain lho, seperti stabil, nyaman, dan aman karena punya tiga roda yang nemenin badannya. Nggak mau kalah gitu deh!

Tapi, ya namanya juga motor, butuh perawatan juga biar tetap keren dan hemat energi. Gampang kok, asalkan lo tau caranya. Jadi, gue mau kasih tau cara nyetel si motor listrik roda 3 ini biar tetap kinclong dan gagah perkasa:

1.   Periksa dan Bersihkan Baterai

Baterai itu ibarat hati si motor, harus selalu dirawat. Cek dan bersihin baterai secara rutin, jangan sampe kotor atau bocor. Isi ulang baterai juga sesuai aturan, jangan neko-neko, bisa berpengaruh sama performa motor nanti. Bahan pembersih? Pake kain lembab aja, bebas debu. Yang penting hati-hati.

2.   Periksa dan Ganti Ban

Nah, ban itu kayak sepatu motor, harus nyaman buat jalan. Cek ban secara berkala, jangan sampe aus, bocor, atau pecah ya. Jangan lupa juga ngecek tekanan angin, biar ga keras atau lembek. Kalo rusak, langsung diganti aja. Ingat, ban yang baik itu kunci keamanan!

3.   Periksa dan Pelihara Rem

Rem itu kayak pencegah drama, harus selalu oke. Cek dan rawat rem biar gak macet, longgar, atau aus. Ganti kampas rem juga kalau udah tipis. Jangan nge-rem terlalu brutal, ntar malah bikin rem panas dan masalah. Bisa diibaratkan rem itu seperti hati nurani, harus dijaga dan dirawat dengan baik.

4.   Periksa dan Olesi Rantai

Jadi, rantai itu kayak tali penghubung antara mesin dan roda belakang, gitu. Harus dijaga biar gak kendor, putus, atau berkarat. Cek rantainya pake mata atau tangan, lihat ada kerusakan atau benda aneh gak. Kalo ada yang nggak beres, langsung perbaiki atau ganti rantainya. Ingat, jangan dipakai kalo rantainya bermasalah, bisa bikin tenaga dan kecepatan jadi bermasalah juga.

Terus, biar rantainya selalu happy, rajin deh bersih-bersihin dan olesi. Pake sikat gigi atau sikat kawat buat bersihin dari kotoran, debu, atau karat. Jangan lupa pake semprotan pembersih rantai yang khusus dan pelumas rantai yang tepat. Supaya rantainya tetap smooth dan nggak berisik.

Kalo sampe harus ganti rantai, bisa di bawa ke bengkel atau di coba sendiri kalo punya alatnya. Lepasin roda belakang yang nyambung sama rantai dari bodi motor. Cabut rantai lama pake alat pemutus rantai, terus pasang rantai baru pada gir depan dan belakang. Pastiin rantainya nyangkut dengan baik, baru deh pasang roda belakangnya lagi.

Nah, buat yang mau ngatur ketegangan rantai, bisa pake alat pengukur ketegangan rantai yang ada di bengkel. Tempelin aja ujungnya ke rantai, tarik ke atas dan bawah, baca angkanya. Sesuaikan dengan standar ketegangan rantai yang di anjurkan produsen. Kalo perlu atur pake kunci pas atau kunci sok agar rantainya pas dan nyaman di jalan. Jangan terlalu kencang atau kendur, ya!

5.   Periksa dan Bersihkan Lampu

Gue yakin, kalian sering banget lupa sama lampu deh. Padahal, lampu tuh jantung penerangan motor. Cek dan bersihin lampu secara rutin, jangan sampe mati atau redup. Kalo bohlamnya rusak, ganti aja langsung, jangan di tunda-tunda.

Cara cek lampu gampang banget, cuma pake mata. Lihat ada kerusakan, retak, atau pecah gak pada kaca atau plastik lampu. Nyalain lampu dan perhatikan, kalo ada yang mati, redup, atau berkedip, langsung perbaiki atau ganti lampunya. Jangan nekat nyetel lampu terlalu lama, bisa bikin baterai keabisan tenaga.

Nah, buat bersihin lampu, pake kain lembab aja. Lap permukaan kaca atau plastik lampu dengan hati-hati, pastikan nggak ada kotoran yang nempel. Kalo ada noda atau kusam, bisa coba pake pasta gigi atau cuka buat bersihinnya. Setelah bersih, keringin lampunya, bisa di angin-anginkan atau pake kain kering.

Buat yang mau ganti bohlam lampu, bisa di bawa ke bengkel atau di coba sendiri kalo punya alatnya. Lepasin kaca atau plastik lampu dari bodi motor. Cabut soket atau kabel lampu dari bohlam lama, terus pasang bohlam baru. Pastiin bohlamnya nyangkut dengan baik, baru deh pasang kembali kaca atau plastik lampunya.

Jadi, itulah dua hal yang harus di jaga dan di rawat dengan baik biar motor listrik roda 3 kita tetap bertenaga dan aman. Jangan lupa, perawatan yang rutin itu kunci utama biar motor kita selalu siap menghadapi perjalanan tanpa drama. Keep riding, Bro-sis!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini