Beranda Berita Hasil Battle Royale Survei Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Unggul, Anies-Muhaimin Tetap Optimis

Hasil Battle Royale Survei Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Unggul, Anies-Muhaimin Tetap Optimis

0
Hasil Battle Royale Survei Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Unggul, Anies-Muhaimin Tetap Optimis
Hasil Survei pilpres 2024

sinarpagi | Eh, brosis, tadi kita lagi ngintip hasil survei buat Pilpres 2024, ya. Lembaga survei macem-macem kan bermunculan, kayak tukang bakso di kampung kita. Nah, kita sempet merhatiin hasil 4 lembaga ini yang ngomongin soal elektabilitas capres dan cawapres.

Jadi ceritanya, sejak awal Januari sampe 14 Februari 2024, mereka semua sibuk nyodorin data elektabilitas, gitu loh. Gak ketinggalan, CNBC Indonesia juga nurunin rangkuman hasilnya. Emang ya, Pilpres kayaknya jadi ajang paling rame dibahas setiap lima tahun sekali.

Tapi nih, kita heran juga, bro. Kadang Hasil Survei pilpres 2024 ini bikin kita mikir, beneran nih orang-orang suka sama yang ini atau cuma kebetulan aja lagi tenar. Yang jelas, kayaknya bakal ada drama seru di Pilpres kali ini, deh. Kita tunggu aja kelanjutannya, sambil ngepopcorn biar asik.

Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang terkenal banget dengan keakuratannya, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menanjak dengan cukup mantap, mencapai 46,6%. Gila, kan? Survei ini dilakukan dari 3-11 Januari 2023, dengan 1.200 responden yang diserbu oleh pertanyaan-pertanyaan serius.

Peneliti senior dari LSI Denny JA, Ardian Sopa, ngasih tau kita bahwa Prabowo-Gibran menkitasai panggung dengan poin yang signifikan. Mereka unggul 24% dari pasangan pesaing terdekat, Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Jadi, bisa dibilang, Prabowo-Gibran ini memimpin dengan selisih yang lumayan bikin ngeri.

Gimana dengan Ganjar-Mahfud? Mereka ada di posisi kedua dengan elektabilitas sekitar 24,8%. Lumayan sih, tapi tetap kalah jauh sama Prabowo-Gibran. Sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, meski nggak terlalu jauh dari Ganjar-Mahfud, mereka masih harus ngeliat ke atas buat menyusul.

Nah, yang bikin seru, menurut Ardian, ada juga suara yang nggak sah, sekitar 0,5%. Kayaknya ada yang bingung milih antara dua calon atau malah nekat mencoblos di luar lingkaran yang disediakan. Classic move!

Terus, ada juga yang belum mau kasih kepastian, sekitar 5,3% responden belum mau ngomong. Misteri, nih! Mungkin lagi mikirin pertanyaan sulit atau masih bingung antara Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, atau Anies-Muhaimin.

Indikator Politik Indonesia

menurut survei dari Indikator Politik Indonesia, pasangan nomor 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, masih kokoh di puncak dengan 45%. Nggak tanggung-tanggung, guys!

Sementara Anies-Cak Imin berada di posisi kedua dengan 25%, dan Ganjar-Mahfud mengikuti di belakang dengan 22%. Ada juga yang bingung dan nge-blank, sekitar 6,94% gitu. Ini survei dilakukan sebelum debat ketiga, ya, jadi masih fresh dari oven.

Tapi ada yang menarik, nih. Meski ada sedikit kenaikan elektabilitas untuk Anies Baswedan, pasangan 02, alias Prabowo-Gibran, tetep di puncak. Jadi, kita tunggu aja, apakah ini bakal jadi 2 putaran atau 1 putaran. Kalau ada kejadian luar biasa, siapa tau jadi tambah seru. Eh, tapi yang belum jelas, siapa nih yang nemenin Prabowo-Gibran kalo sampe dua putaran!

lembaga survei SPIN

Terus ada lembaga survei SPIN, juga ngehasilin data seru nih. Prabowo-Gibran lagi-lagi jadi favorit dengan elektabilitas 50,9%. Jauh banget, kan? Ganjar-Mahfud di posisi kedua dengan 23,5%, dan Anies-Cak Imin di tempat ketiga dengan 18,7%. Ada juga yang bingung dan males jawab, sekitar 6,9%.

Igor Digrantara dari SPIN nge-highlight, nih, mayoritas responden pengen Pilpres 2024 langsung satu putaran. Makanya elektabilitas Prabowo-Gibran semakin naik. Katanya, ini juga gara-gara debat, nih. Anies yang berusaha serang Prabowo, malah dapat dukungan dari yang dukung Prabowo. Seru, kan?

Ipsos Public Affairs

Kabar politik terkini datang dari hasil survei elektabilitas capres-cawapres terbaru yang dirilis oleh Ipsos Public Affairs. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memimpin dengan perolehan suara mencengangkan, yaitu sebesar 48,05%. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mengikuti dengan 21,80%, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md menempati posisi ketiga dengan 18,35%.

Survei ini dilakukan dalam rentang waktu 27 Desember 2023 hingga 5 Januari 2024 dan melibatkan 2.000 responden dari 34 provinsi. Menariknya, survei ini menggunakan metode wawancara tatap muka dengan aplikasi Ipsos Ifield, menjadikan prosesnya semakin personal dan mendalam.

Menurut Arif Nurul Imam, pengamat politik dan peneliti senior Ipsos Public Affairs, ada perbandingan menarik dengan survei sebelumnya pada November 2023. Elektabilitas Prabowo-Gibran mengalami lonjakan signifikan dari 42,66% menjadi 48,05%. Sementara itu, Anies-Cak Imin cenderung stagnan, dan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan.

Arif juga menyoroti efek positif dari dukungan Joko Widodo (Jokowi) terhadap Prabowo-Gibran. Soliditas dukungan tertinggi terlihat pada pasangan ini, dengan hanya sekitar 13% yang masih memungkinkan berubah pikiran. Di sisi lain, pendukung AMIN dan Ganjar-Mahfud memiliki potensi pergeseran masing-masing sekitar 15% dan 20%.

Jangan lupa, Sobat Pembaca, survei ini memiliki margin of error sekitar +- 2,19%, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%. Ini artinya, hasilnya cukup dapat diandalkan meskipun tetap perlu diinterpretasikan dengan bijak.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini