Beranda Kuliner Wisata Kuliner Solo yang Lagi Hits, Bikin Lidah Bergoyang!

Wisata Kuliner Solo yang Lagi Hits, Bikin Lidah Bergoyang!

0
Wisata Kuliner Solo yang Lagi Hits, Bikin Lidah Bergoyang!
Wisata Kuliner Solo yang Lagi Hits

di sinarpagi | Solo, atau Surakarta, itu kota yang ada di Jawa Tengah. Kota ini terkenal sama budaya dan makanannya yang enak-enak. Banyak tempat makan di sini yang bisa bikin lidah kamu seneng dan perut kamu kenyang. Mau tau tempat Wisata Kuliner Solo yang Lagi Hits? Yuk, simak ulasan saya berikut ini.

1.   Nasi Liwet Wongso Lemu

Jika kamu Beriwisata ke solo, kamu gak akan bisa lewatkan Kuliner Solo yang Lagi Hits yakni Nasi liwet. ini adalah itu Kuliner khas Solo yang Lagi Hits dibuat dari nasi yang dimasak pake santan, garam, sama daun salam. Nasi liwet biasanya dimakan sama lauk-lauk kayak ayam goreng, telur, tempe, tahu, sama sambel. Salah satu tempat yang jualan nasi liwet yang mantap dan murah di Solo itu namanya Nasi Liwet Wongso Lemu.

Nasi Liwet Wongso Lemu itu tempatnya di Pasar Gede, pasar tradisional yang jadi ciri khas kota Solo. Kuliner di Pasar Gede itu pasar yang udah tua banget, udah ada sejak tahun 1929. Pasar ini jualan macem-macem barang, mulai dari makanan, baju, perhiasan, sampe barang-barang jadul. Pasar ini juga punya bangunan yang unik, campuran antara gaya Eropa sama Jawa.

Tempat ini buka dari jam 5 sore sampe jam 11 malem. Kamu bisa nikmatin nasi liwet dengan porsi yang gede cuma dengan 15 ribu rupiah. Rasanya yang gurih dan lezat bakal bikin kamu nagih. Menu andalan di tempat ini adalah nasi liwet dengan ayam goreng yang kriuk-kriuk dan sambel yang pedes. Jangan lupa pesen minum es teh manis atau es jeruk nipis buat ngebalance rasa.

2.   Gudeg Ceker Bu Kasno

Kuliner Gudeg itu makanan khas Jawa yang dibuat dari nangka muda yang dimasak pake santan, gula jawa, sama bumbu-bumbu. Gudeg biasanya dimakan sama nasi, ayam, telur, dan krecek. Salah satu tempat yang jualan gudeg yang beda dan enak di Solo itu namanya Gudeg Ceker Bu Kasno.

Gudeg Ceker Bu Kasno itu beda sama gudeg biasa karena pake ceker (kaki ayam) sebagai lauknya. Ceker yang empuk dan bumbu gudeg yang nempel bakal bikin kamu puas. Tempat ini tempatnya di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen.

Jalan ini adalah salah satu jalan rame di Solo yang penuh sama kendaraan dan orang-orang. Jalan ini juga punya banyak tempat makan lain yang bisa kamu cobain, kayak soto, bakso, mie ayam, dan lain-lain. Tempat ini buka dari jam 6 pagi sampe jam 12 siang.

Kamu bisa nikmatin gudeg ceker dengan harga 20 ribu rupiah per porsi. Menu spesial di tempat ini adalah gudeg ceker dengan sambal goreng ati yang pedes dan gurih. Jangan heran kalo kamu liat antrian panjang di tempat ini, karena tempat ini emang laris manis di kalangan warga Solo. Tapi jangan takut, pelayanannya cepat dan ramah. Nah ini juga bisa bisa jadi referensi kamu ketika ber Wisata Kuliner di Solo yang Lagi Hits.

3.   Es Gempol Pleret Pak Suhar

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Solo, jangan lupa mampir ke Es Gempol Pleret Pak Suhar. Ini bukan nama orang, tapi nama minuman. Es gempol pleret itu minuman yang isinya bola-bola tepung beras sama gula jawa, terus dikasih es serut sama santan. Rasanya manis, segar, dan bikin nagih.

Cocok banget buat kamu yang haus dan pengen nyegerin tenggorokan. Es Gempol Pleret Pak Suhar ini ada di Jalan Banjarsari Kota Surakarta Jawa Tengah. Jalan ini bagus banget, banyak pohonnya, banyak bunganya, banyak taman-tamannya.

Kalau kamu kesini, kamu bisa sekalian main ke tempat-tempat lain yang seru, kayak museum, monumen, gedung bersejarah, dan lain-lain. Pokoknya nggak bakal nyesel deh. Harganya murah meriah, cuma Rp 10.000 per gelas.

Menu andalannya adalah es gempol pleret yang ditambahin durian. Wah, ini mantap banget. Aromanya harum, rasanya lezat, bikin kamu senyum-senyum sendiri. Makanya, tempat ini selalu rame. Soalnya, tempat ini udah ada sejak tahun 1950 dan udah jadi legenda di Solo.

4.   Serabi Notosuman

Serabi itu makanan khas Solo yang bentuknya kayak kue bulat yang dibakar. Bahan-bahannya cuma tepung beras sama santan. Biasanya dimakan sama gula jawa atau kinca. Tapi kalau kamu mau yang lebih spesial, kamu bisa cobain Serabi Notosuman.

Ini serabi paling terkenal di Solo. Udah ada sejak tahun 1923. Jadi, ini serabi udah tua banget. Tapi jangan salah, rasanya masih enak kok. Serabi Notosuman ini ada di Jalan Mangun Sarkoro No. 122 Banyuanyar. Jalan ini sepi dan adem, nggak macet kayak Jakarta.

Rumah-rumahnya juga bersih dan rapi, nggak kayak rumah kamu. Hehe, becanda. Jalan ini juga ada beberapa tempat ibadah yang bisa kamu kunjungi, kayak masjid, gereja, pura, dan vihara. Jadi, kamu bisa makan serabi sambil berdoa biar nggak gemuk. T

empat ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Harganya juga nggak bikin kantong bolong, cuma Rp 5.000 per biji. Menu favoritnya adalah serabi rasa cokelat, keju, atau durian. Serabi ini lembut dan manis, bikin kamu pengen nambah terus. Tapi hati-hati, jangan sampai kehabisan. Soalnya, serabi ini laris manis. Banyak orang yang rela antri demi dapetin serabi ini. Maklum, ini kan serabi legendaris. Udah jadi ikon kota Solo.

5.   Timlo Sastro

Timlo itu makanan khas Solo yang isinya sup yang berisi daging sapi, bakso, soun, telur puyuh, dan seledri. Kalo kamu lagi ber Wisata Kuliner Solo dan lagi cari makanan yang Lagi Hits kamu bisa coba ini. Biasanya Kuliner ini bisa dimakan sama nasi dan sambal. Tapi kalau kamu mau yang lebih mantap, kamu bisa cobain Timlo Sastro. Ini timlo paling enak di Solo.

Udah ada sejak tahun 1952. Jadi, ini timlo udah setua nenek moyang kita. Tapi jangan khawatir, nggak ada bau apeknya. Malah ada bau harumnya. Timlo Sastro ini ada di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen. Tempat ini adalah salah satu tempat makan tertua di Solo.

Tempatnya sederhana dan bersih, meja dan kursinya dari kayu. Tempatnya juga hangat dan ramah, pelayannya cepat dan profesional. Kalau kamu kesini, kamu bakal merasa kayak di rumah sendiri. Tapi jangan lupa bayar ya. Tempat ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Harganya juga nggak bikin dompet kosong, cuma Rp 25.000 per porsi.

Menu andalannya adalah timlo yang disiram dengan kuah bening dan gurih, yang bisa kamu tambahkan dengan sambal yang pedas dan asam. Timlo ini hangat dan kenyang, bikin kamu puas dan senang. Tapi jangan kaget, kalau kamu lihat banyak orang yang datang ke tempat ini. Soalnya, tempat ini udah terkenal banget. Udah jadi tempat favorit orang-orang Solo.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini