Beranda Teknologi Cara Backup Telegram dan Menghapusnya dari Server

Cara Backup Telegram dan Menghapusnya dari Server

0
Cara Backup Telegram dan Menghapusnya dari Server
Cara Backup Telegram

Sinarpagi | Telegram itu keren banget, deh. Bisa ngirim pesan rahasia, pake stiker lucu-lucu, main bot, gabung grup, nonton saluran. Pokoknya seru abis. Telegram juga bisa melakukan Cara Backup Telegram dan obrolan kamu ke cloud, jadi nggak perlu khawatir ilang.

Tapi, ada bahayanya juga, lho. Jadi, Data dan obrolan kamu bisa aja dibajak sama orang-orang iseng. Makanya, kamu harus backup telegram dan hapus dari server telegram biar aman. Setelah itu, Gimana Cara Backup Telegram? Gampang kok, tinggal ikutin langkah-langkah ini.

Langkah 1: Backup Telegram ke Media Penyimpanan Eksternal

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah backup telegram ke tempat yang aman, misalnya flashdisk, hard disk, atau kartu memori. Kemudian, Kita bisa backup telegram dari hape, tablet, atau komputer. Caranya gini:

  • Untuk hape Android Buka Telegram, lalu sentuh ikon tiga garis di kiri atas. Pilih Settings > Data and Storage > Backup Data. Pilih data yang mau kamu backup, lalu sentuh Backup Data. Tunggu sampai backup selesai, lalu sambungkan hape kamu ke tempat yang aman. Copy folder Telegram yang isinya data backup ke tempat yang aman itu.
  • Untuk tablet iOS Buka Telegram, lalu sentuh ikon roda gigi di kanan bawah. Pilih Settings > Data and Storage > Backup Data. Pilih data yang mau kamu backup, lalu sentuh Backup Data. Tunggu sampai backup selesai, lalu sambungkan tablet kamu ke tempat yang aman. Copy folder Telegram yang isinya data backup ke tempat yang aman itu.
  • Untuk komputer Buka Telegram Desktop, lalu klik ikon tiga garis di kiri atas. Pilih Settings > Advanced > Backup Data. Pilih data yang mau kamu backup, lalu klik Backup Data. Tunggu sampai backup selesai, lalu sambungkan komputer kamu ke tempat yang aman. Copy folder Telegram Desktop yang isinya data backup ke tempat yang aman itu.

Langkah 2: Hapus Data dan Riwayat Obrolan dari Server Telegram

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah ngilangin data dan obrolan kamu dari server telegram. Setelah itu, Kita bisa ngilangin data dan obrolan kamu dari hape, tablet, atau komputer. Caranya begini:

  • Untuk hape Android Buka Telegram, lalu sentuh ikon tiga garis di kiri atas. Pilih Settings > Privacy and Security > Delete Account. Masukkan nomor hape kamu, lalu sentuh Delete Account. Kita akan diminta untuk masukin kode verifikasi yang dikirim ke nomor hape kamu. Masukin kode verifikasinya, lalu sentuh Delete Account. Tunggu sampai akun kamu ilang, lalu buka Settings > Apps > Telegram. Sentuh Clear Data, lalu sentuh OK.
  • Untuk tablet iOS Buka Telegram, lalu sentuh ikon roda gigi di kanan bawah. Pilih Settings > Privacy and Security > Delete Account. Masukkan nomor hape kamu, lalu sentuh Delete Account. Kita akan diminta untuk masukin kode verifikasi yang dikirim ke nomor hape kamu. Masukin kode verifikasinya, lalu sentuh Delete Account. Tunggu sampai akun kamu ilang, lalu buka Settings > General > iPhone Storage. Sentuh Telegram, lalu sentuh Delete App.
  • Untuk komputer Buka Telegram Desktop, lalu klik ikon tiga garis di kiri atas. Pilih Settings > Privacy and Security > Delete Account. Masukkan nomor hape kamu, lalu klik Delete Account. Kita akan diminta untuk masukin kode verifikasi yang dikirim ke nomor hape kamu. Masukin kode verifikasinya, lalu klik Delete Account. Tunggu sampai akun kamu ilang, lalu buka File Explorer > Documents > Telegram Desktop. Klik kanan folder Telegram Desktop, lalu pilih Delete.

Langkah 3: Periksa Data dan Riwayat Obrolan Anda di Media Penyimpanan Eksternal

Langkah ketiga yang harus kamu lakukan adalah ngecek data dan obrolan kamu di tempat yang aman. Jadi, Kita bisa ngecek data dan obrolan kamu dari hape, tablet, atau komputer. Caranya kayak gini:

  • Untuk hape Android Sambungkan tempat yang aman kamu ke hape kamu. Buka File Manager, lalu cari folder Telegram yang isinya data backup kamu. Buka folder itu, lalu cek data dan obrolan kamu. Kita bisa buka file-file itu dengan aplikasi yang cocok, kayak galeri, musik, atau video. Kalo kamu mau balikin data dan obrolan kamu ke Telegram, kamu harus instal lagi Telegram, lalu masukin data backup kamu.
  • Untuk tablet iOS Sambungkan tempat yang aman kamu ke tablet kamu. Buka File App, lalu cari folder Telegram yang isinya data backup kamu. Kemudian, Buka folder itu, lalu cek data dan obrolan kamu. Selain itu, Kita bisa buka file-file itu dengan aplikasi yang cocok, kayak foto, musik, atau video. Jadi, Kalo kamu mau balikin data dan obrolan kamu ke Telegram, kamu harus instal lagi Telegram, lalu masukin data backup kamu.
  • Untuk komputer Sambungkan tempat yang aman kamu ke komputer kamu. Buka File Explorer, lalu cari folder Telegram Desktop yang isinya data backup kamu. Buka folder itu, lalu cek data dan obrolan kamu. Setelah itu, Kita bisa buka file-file itu dengan aplikasi yang cocok, kayak Windows Photo Viewer, Windows Media Player, atau VLC. Kalo kamu mau balikin data dan obrolan kamu ke Telegram Desktop, kamu harus instal lagi Telegram Desktop, lalu masukin data backup kamu.

Nah, gitu deh cara backup telegram dan ngilanginnya dari server telegram. Dengan cara ini, kamu bisa jaga privasi dan keamanan data dan obrolan kamu di telegram. Mudah-mudahan artikel ini berguna buat kita semua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini