Polri Bikin Layanan Izin Event, Berikut Cara Pengajuannya

Jadi gini, layanan ini tuh namanya Digital Layanan Izin Event, yang katanya bisa bantu penyelenggara acara buat ngurus izin lebih gampang dan jelas.

Jun 26, 2024 - 09:55
 0  30
Polri Bikin Layanan Izin Event, Berikut Cara Pengajuannya
Layanan Izin Event

Sinarpagi | Dalam dunia digital yang terus maju, sekarang semua mau yang praktis dan gak ribet lagi, kan? Nah, sekarang Polri juga ikutan gercep nih. Mereka baru aja nge-launch layanan digital baru buat urusan izin event. Jadi gini, layanan ini tuh namanya Digital Layanan Izin Event, yang katanya bisa bantu penyelenggara acara buat ngurus izin lebih gampang dan jelas.

Jadi, bayangin aja, sekarang buat ngurus izin event gak usah repot-repot lagi bolak-balik kantor, ngisi form berlembar-lembar, gitu. Sekarang semua bisa diurus online, lebih efisien gitu. Gak cuma itu, mereka juga ngerombak birokrasi yang ribet jadi lebih smooth, biar gak bikin pusing deh buat yang mau ngurus acara.

Kapolri bilang, ini bukan cuma soal pindahin proses manual ke online doang, tapi juga tentang ngehapusin aturan-aturan yang gak jelas dan bikin ribet. Jadi, tujuannya jelas: ngurangin waktu buat dapet izin, ngurangin kemungkinan salah administrasi, dan pastinya nambahin transparansi dan akuntabilitas dalam semua prosesnya.

Ini kan lumayan banget buat industri event di Indonesia. Dengan proses yang lebih gampang, jelasin aja, pastinya lebih bisa dipercaya sama penyelenggara acara dan lebih aman hukumnya. Visi mereka juga selaras sama visi pemerintah yang mau lebih ngandelin teknologi buat pelayanan publik, yang pada akhirnya pasti bikin masyarakat lebih puas.

Manfaat Digitalisasi Layanan Izin Event

Nah, sekarang aku mau jelasin lagi soal digitalisasi proses perizinan event sama akses yang bisa dilakuin kapan aja. Jadi, sebelumnya kan proses perizinan event di Polri bisa sampe 14 hari, lama ya! Nah, sekarang dengan sistem digital, penyelenggara tinggal isi formulir online dan lengkapi dokumen yang dibutuhin. Prosesnya melibatkan semua pihak terkait, dari pengelola venue, Dinas Parekraf, sampe satuan-satuan polisi yang terkait. Meskipun maksimal 14 hari kerja, tapi prosesnya udah lebih jelas dan cepet, gitu loh.

Nah, yang kedua, yang penting banget ini, adalah soal akses yang bisa dilakuin kapan aja. Jadi, ini kan ngikutin tren digital dan kebijakan transformasi digital di Indonesia. Jadi, Polri pun terus ngikutin perkembangan ini untuk ngejamin event-event kita gampang diatur dan sesuai standar internasional.

Jadi intinya, sekarang urusan perizinan event gak usah takut lama lagi, gak ribet juga, bisa diurus kapan aja, dan pastinya sesuai dengan standar yang dibutuhin. Jadi buat kamu yang suka ngadain event, sekarang udah ada jalannya yang lebih gampang dan modern gitu.

 Langkah-Langkah Pengajuan Izin Event Secara Online

 Tahapan Proses

Pengajuan izin event melalui platform digital Polri melibatkan tiga tahapan utama:

1.       Submit melalui sistem OSS (Online Single Submission).

2.       Verifikasi pengamanan oleh Polri.

3.       Pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

 Prosedur Detail Pengajuan Izin

Untuk mempermudah penyelenggara acara, berikut adalah langkah-langkah detail dalam pengajuan izin event secara online:

1.       Klik Submit Pengajuan

   - Penyelenggara harus memulai proses dengan mengakses sistem OSS dan mengklik tombol submit untuk pengajuan izin event.

2.       Pilih Tempat Penyelenggaraan Acara

   - Penyelenggara kemudian memilih lokasi atau venue tempat acara akan diselenggarakan. Informasi ini penting untuk penyesuaian keamanan dan izin dari pihak berwenang setempat.

4.       Lengkapi Formulir dan Dokumen Persyaratan

   - Ada beberapa formulir yang perlu diisi oleh penyelenggara:

     - Formulir kegiatan yang berisi detail acara.

     - Formulir penyelenggara yang memuat informasi tentang penyelenggara acara.

     - Dokumen persyaratan lain yang dibutuhkan, seperti izin dari pengelola venue dan dokumen terkait keamanan.

5.       Pantau Status Perizinan Secara Real-Time

   - Setelah semua formulir dan dokumen di-submit, penyelenggara dapat memantau status perizinan mereka secara real-time melalui platform online. Ini memberikan transparansi dan memungkinkan penyelenggara untuk mengetahui perkembangan proses izin mereka.

6.       Verifikasi Pengamanan oleh Intelkam Polri dan Biro Ops Polri

   - Tim dari Intelkam Polri dan Biro Operasi Polri akan melakukan verifikasi terkait aspek pengamanan acara. Proses ini penting untuk memastikan bahwa acara yang akan diselenggarakan aman bagi semua pihak yang terlibat.

7.       Pembayaran Melalui PNBP (SIMPONI)

   - Setelah verifikasi pengamanan selesai, penyelenggara diharuskan melakukan pembayaran melalui sistem PNBP (Sistem Informasi PNBP Online), yang dikenal sebagai SIMPONI. Pembayaran ini adalah langkah terakhir sebelum izin diterbitkan.

8.       Unduh Dokumen Izin Acara

   - Setelah semua proses selesai, dokumen izin acara dapat diunduh oleh penyelenggara. Dokumen ini harus ditunjukkan sebagai bukti bahwa acara telah mendapatkan izin resmi dari Polri.

 Kesimpulan

Nah, jadi ceritanya, digitalisasi perizinan event oleh Polri tuh bener-bener langkah maju banget. Dengan sistem baru ini, penyelenggara acara bisa nyetel izin dengan lebih simpel, kilat, dan jelas. Gak cuma itu doang, loh. Ini bukan cuma soal merespon transformasi digital di Indo, tapi juga ngasih angin segar buat industri kreatif biar bisa ngadepin semua ini dengan lebih modern.

Jadi, bayangin aja, sekarang urusan ngurus izin event tuh lebih kayak nyicil gadget di toko online. Mudah, cepet, dan gak bikin bingung. Ini ngasih harapan buat event-event di Indo buat bisa diadain lebih lancar, lebih ngerti standar internasionalnya, gitu. Jadi intinya, ngadain acara sekarang jadi lebih aman, lebih pasti, dan lebih ngasih keyakinan buat penyelenggara acara dan pesertanya juga.

Jadi, buat kamu yang aktif di dunia event, sekarang udah ada cara baru yang lebih up to date dan gak bikin repot.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow