Rush Money Bisa Dipidana! Ekonomi Ingatkan Penyebar Hoaks

Piter Abdullah dari Segara Institute menggembor-gemborkan soal hoaks dan ajakan nyeret duit dari bank (rush money)

May 10, 2024 - 17:08
 0  21
Rush Money Bisa Dipidana! Ekonomi Ingatkan Penyebar Hoaks
Rush Money

Sinarpagi  | Piter Abdullah dari Segara Institute menggembor-gemborkan soal hoaks dan ajakan nyeret duit dari bank (rush money). Katanya, ini bisa bikin masalah, apalagi kalo nanti duitnya ilang entah kemana pas disimpen di bank.

"Orang yang ngajakin beginian harusnya kena batunya, bro! Soalnya ngajak-ngajak ini tanpa alasan yang jelas, malah bikin heboh dengan hoaks. Katanya ada duit yang ilang gitu, tapi kok nggak ada buktinya? Ya jelas kalo gitu, yang bersangkutan harus dapet hukuman," tegas Piter lewat keterangan resmi yang nyampe di Jakarta, Selasa kemaren.

Cerewet banget ya, Piter ini. Tapi bener juga sih, ngajak orang buat ngeluarin duit dari bank itu seriusan, lho! Jangan main-main deh, bisa bikin kacau aja nanti.

Pengawasan Ketat Terhadap Bank di Indonesia

Piter bikin penilaian keren nih! Dia ngebahas soal ajakan ngambil uang gara-gara ada kabar banyak uang ilang. Menurut dia, ini kayaknya nggak masuk akal banget. Dia jelasin kalo bank di Indo itu yang paling diperhatiin sama pemerintah. Kerasa banget deh, pengawasannya tuh super ketat buat ngasih kepercayaan ke masyarakat soal sektor perbankan.

Dari zaman jebotnya bank sampe sekarang, kata Piter, lembaga perbankan udah disuruh patuhin banyak banget aturan. Ditambah lagi, katanya, bank juga diawasi saking ketatnya sama berbagai instansi. Bahkan, kalo sampe banknya bangkrut, masih banyak aturan yang harus dijalanin.

"Lembaga perbankan itu kayaknya paling diawasi, deh! Regulasinya super ketat. Mulai dari izin sampe banknya tumbang, semuanya diatur bener-bener. Nggak ada yang seketat ini kecuali perbankan," tegasnya.

Potensi Penyebaran Hoaks di Media Sosial

Bro, gue baru aja denger nih, katanya Piter ngingetin soal berita palsu alias hoaks dari ajakan rush money di medsos. Gila, kan? Jadi, menurut dia, kita semua harus ekstra hati-hati, jangan gampang percaya sama berita yang belum tentu bener, guys! Ya ampun, memang sih, dunia medsos tuh kaya hutan belantara, banyak yang nggak jelas!

Kasus Hoaks Terkait Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bro, kita baru aja dapet kabar nih! Katanya, konten-konten di medsos lagi heboh banget tentang uang yang hilang dari tabungan dan ajakan buat ngambil duit dari BRI. Gue denger sih, BRI catet banyak banget konten-konten yang bikin resah masyarakat itu, salah satunya dari akun-akun yang nggak jelas gitu, guys!

·        Kasus Viral di Media Sosial

Pada 23 April 2024, akun media sosial (Instagram, Tiktok, Facebook) Rama News (@ramanews) mengunggah sebuah video yang diambil dari akun TikTok widia_pengamatpolitik dengan narasi bahwa adanya kejadian nasabah BRI yang kehilangan uang merupakan efek dari Pemilu untuk serangan bansos. Konten tersebut terklarifikasi hoaks.

·        Klaim Uang Hilang dan Investasi Bodong

Pada bulan yang sama, konten TikTok @rakyatdotnews dan WhatsApp juga sempat viral mengenai kasus raibnya uang Rp400 juta nasabah di Makassar bernama Sigit Presetya. Astaga, gila banget nih! Ternyata uang itu diambil sama si nasabah sendiri dan dicampurin ke pihak yang nggak jelas, gitu, sama temennya si Sigit yang dulunya kerja di BRI. Makanya, hati-hati ya, jangan asal percaya sama tawaran investasi yang nggak jelas di medsos!

·        Video Lama yang Diklaim Sebagai Bukti Baru

Kemudian pada 3 Mei 2024, akun Instagram @kr1t1k_p3d45 mengunggah sebuah video, yang diambil dari video lama (tahun 2023) di portaljtv.com, dengan narasi bahwa menabung di bank tidak aman karena adanya uang nasabah yang “hilang”.

Tanggapan dan Tindakan Hukum oleh BRI

BRI catet tuh, cerita soal uang yang hilang yang lagi heboh banget di medsos itu sebenernya cerita lama, tapi dikasih informasi yang kurang jelas. Misalnya, ada video yang diunggah di akun Instagram kr1t1k_p3d45 di platform X itu sebenernya kejadian dari tahun 2023, guys! Pas dicari tau lebih lanjut, ternyata tiga orang di video itu kena tipu sama penipuan online (social engineering).

Terus, cerita lainnya yang kembali jadi viral di TikTok @rakyatdotnews tentang kasus investasi bodong Rp400 juta sama nasabah namanya Sigit Presetya di BRI Makassar itu juga cerita lama dari tahun 2018, guys! Jadi, kayaknya harus hati-hati banget deh sama info yang kita dapet dari medsos, kadang-kadang nggak bener banget nih!

·        Respons dari Corporate Secretary BRI

kabar dari Corporate Secretary BRI yang bilang, tuh, konten-konten tentang uang hilang di BRI yang lagi jadi bahan gosip di medsos dan WhatsApp itu sebenernya nggak bisa dipercaya. Dia ngerasa banget, gitu, kalo konten-konten itu sengaja disebarin sama orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Bikin resah banget, kan, karena ada yang nawarin kita untuk tarik duit dari bank. Gila, kan?

·        Tindakan BRI Menghadapi Hoaks

Atas konten-konten hoaks yang beredar tersebut, BRI pun mengambil langkah hukum terhadap pihak-pihak yang dengan sengaja menyebarkan informasi menyesatkan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “BRI pun mengambil tindakan tegas dan mengambil langkah hukum terhadap pihak-pihak terkait, karena konten berisi informasi yang menyesatkan, merusak citra BRI dan berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat,” kata Hendy.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow