Tahanan KPK Salat Id, Gus Muhdlor Sarungan

Hari Senin kemarin, yang mana tanggal 17 Juni 2024 itu ya, ceritanya para tahanan dari KPK ada kesempatan buat sholat Iduladha

Jun 26, 2024 - 09:29
 0  19
Tahanan KPK Salat Id, Gus Muhdlor Sarungan
Tahanan KPK

Sinarpagi | Hari Senin kemarin, yang mana tanggal 17 Juni 2024 itu ya, ceritanya para tahanan dari KPK ada kesempatan buat sholat Iduladha. Nah, mereka pada nyembah-nyembah itu di Masjid Al-Ikhlas, di gedung KPK di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Sholatnya dimulai sekitar jam 7 pagi-an dan selesai sekitar jam setengah delapan pagi. 

Padahal kan mereka lagi dipenjara gitu, tapi untungnya dikasih kesempatan buat ngelakuin ibadah dengan tenang. Ada juga yang jagain keamanan di sekitar masjid, biar lancar ibadahnya. Kebayang kan suasana di sana, tentram dan rapih gitu, para tahanan pada khusyuk sholat.

 Tahanan yang Ikut Salat Id termasuk Gus Muhdlor

Nah, jadi ceritanya salah satu tahanan yang sholat Id itu ada Bupati nonaktif dari Sidoarjo, yang lebih dikenal sebagai Gus Muhdlor. Dia pakai baju koko sama sarung, sederhana tapi tetap kental keteguhan hatinya buat sholat. Penampilannya bener-bener mencerminkan budaya dan kesederhanaannya gitu.

Terus, selain si Gus Muhdlor itu, ada juga yang lain yang ikut sholat Id. Ada si Muhammad Hatta, yang terjerat kasus korupsi di Kementerian Pertanian, dia pakai baju koko yang rapi banget. Terus ada juga si Dadan Tri Yudianto, yang lagi diduga suap jual beli perkara di Mahkamah Agung, dia pilih kaus putih.

Jadi, meskipun mereka lagi dalam kondisi susah gitu di dalam penjara, mereka tetap niat dan berusaha banget buat jalani ibadah sholat. Keren kan?

 Fasilitasi KPK untuk Tahanan

Jadi ceritanya, KPK udah siapin segala keperluan buat pastiin para tahanan bisa sholat Iduladha dengan tenang. Total ada 23 tahanan dari KPK, 22 cowok dan satu cewek, yang bakal sholat Id kali ini. KPK juga pastiin semuanya dikasih perlengkapan ibadah yang mereka butuhin, kayak sajadah dan mukena gitu.

Terus, si Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika, bilang, "Untuk tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi yang beragama Islam sejumlah 23 orang bakal sholat Iduladha pada Senin, 17 Juni 2024." Jelas banget ini tunjukin kalau KPK serius dalam menghargai hak-hak dasar para tahanan, termasuk hak buat beribadah.

Jadi intinya, meskipun di penjara, mereka tetep diperlakukan dengan baik dalam urusan agama. Bagus lah ya!

 Layanan Kunjungan dan Pengiriman Makanan

Jadi begini ceritanya, KPK nggak cuma nyediain tempat buat sholat Id aja, tapi juga ada layanan kunjungan dan boks makanan dari keluarga dan kerabat para tahanan. Nah, boksan makanan bisa diterima dari jam setengah sembilan pagi sampe jam sepuluh pagi. Jadi, keluarga atau kerabat bisa kirim makanan spesial buat para tahanan, biar tetep bisa merasain makanan khas Iduladha meski di dalam bui.

Terus, kunjungan keluarga buat para tahanan bisa dari jam sepuluh sampe jam dua belas siang. Ini momen yang ditunggu-tunggu banget sama mereka, soalnya bisa ketemu langsung sama keluarga dan kerabat mereka. Meskipun sebentar, momen kayak gini bener-bener berarti buat para tahanan, bikin semangat dan kuat ngadepin hari-hari di dalam penjara.

Si Tessa juga ngegarisbawahi kalau langkah KPK ini ngasih fasilitas buat ibadah dan kunjungan, itu bentuk penghormatan mereka ke hak-hak dasar para tahanan. Dia bilang, "Kami ngerti banget bahwa meskipun mereka lagi dalam proses hukum, mereka tetep punya hak buat ibadah dan ketemu keluarga mereka. Makanya kami nyediain fasilitas ini biar mereka tetep bisa dapet kehangatan keluarga dan bisa sholat dengan tenang."

Makna Iduladha bagi Para Tahanan

Jadi ceritanya, Iduladha itu punya makna yang dalam banget buat umat Muslim, termasuk buat kita yang lagi di dalam tahanan KPK. Hari raya ini kan ngingetin kita sama kisah Nabi Ibrahim yang siap banget ngorbanin putranya, Ismail, sebagai bukti ketaatan sama Allah. Kisah itu ngajarin kita tentang sabar, ikhlas, dan pengorbanan, yang emang bener-bener penting buat para tahanan yang lagi hadepin ujian berat kayak gini.

Buat para tahanan, Iduladha jadi momen buat nge-renungin kesalahan yang udah dilakuin dan berjanji buat ngubah diri. Kesempatan buat sholat Iduladha di dalam penjara jadi pengingat buat mereka bahwa walaupun lagi dapet hukuman, mereka tetep punya kesempatan buat deket sama Tuhan dan buat perbaiki diri.

Harapan dan Doa

Jadi begini ceritanya, momen Iduladha tuh jadi momen yang penuh harapan banget buat kita para tahanan. Lewat sholat Iduladha, kita ngeluarin doa dan harapan biar dikasih kekuatan dan kesabaran buat ngadepin hukuman ini. Kita juga berdoa biar dikasih kesempatan buat ngoreksi kesalahan dan balik ke masyarakat sebagai orang yang lebih baik.

Selain itu, kunjungan keluarga pas Iduladha tuh memberi semangat moral yang bener-bener penting buat kita para tahanan. Ketemu keluarga dan kerabat, meskipun cuma sebentar, itu bener-bener ngasih semangat baru buat kita buat tetep kuat dan tabah ngadepin hukuman ini.

Jadi, meskipun lagi di dalam penjara, momen Iduladha ini bener-bener memberi harapan dan semangat baru buat kita. Semoga semuanya bisa tetep kuat ya!

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow