Kabar gembira dari kubu Prabowo Subianto, Kabarnya, Presiden terpilih tersebut berencana menggelar suatu klub yang eksklusif, namanya adalah Presidential Club

May 5, 2024 - 09:41
 0  4

Sinarpagi  | Kabar gembira dari kubu Prabowo Subianto, Kabarnya, Presiden terpilih tersebut berencana menggelar suatu klub yang eksklusif, namanya adalah Presidential Club. Nah, klub ini bakal diisi oleh para mantan presiden yang masih meramaikan kancah politik tanah air.

Dilansir dari pernyataan Dahnil Azhar Simanjuntak, Juru Bicara Prabowo Subianto, beliau ngomong begini pada Jumat kemarin (3/5), "Insyaallah nanti, Pak Prabowo pasti bakal bikin pertemuan spesial dengan Pak Jokowi [Presiden ke-7 RI], Pak SBY [Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono], dan Bu Megawati [Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri].”

Nah, dari tujuh orang yang pernah duduk di kursi kepresidenan Indonesia, ternyata cuma tiga yang masih nongkrong di sini sampai sekarang. Itu dia, segitu aja infonya!

Megawati Soekarnoputri

Jadi ceritanya, kamu tau kan si Mega? Iya, Mega, si anak kedua dari Bung Karno itu. Dia tuh nggak cuma jadi Presiden ke-5 dari 2001 sampe 2004 aja, tapi sebelumnya juga pernah jadi Wakil Presiden RI yang ke-8, di zaman Gus Dur gitu.

Emang keren, si Mega ini, jadi presiden wanita pertama di Indonesia. Dan meski udah setua itu, 77 tahun loh usianya, dia masih aktif banget di dunia politik, sampe sekarang masih jadi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari tahun '99.

Nah, ada cerita seru juga soal Prabowo dan Mega. Jadi dulu mereka berdua jadi pasangan di Pilpres 2009. Tapi kebetulan aja, di Pilpres 2024, Prabowo harus adu strategi sama kader partai Banteng yang dipimpin sama Mega, yaitu Ganjar Pranowo.

Setelah Ganjar kalah, PDIP pada satu suara nyerang hasil Pilpres dan Pileg, katanya banyak kecurangan. Trus mereka juga ikutan dalam sidang PHPU sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Sampe sekarang, Mega masih misterius nih, belum ngasih tau pendapat PDIP-nya tentang masa pemerintahan Prabowo yang bakal lima tahun ke depan.

Nah, soal keputusan PDIP mau jadi koalisi atau oposisi di pemerintahan yang bakal dateng, katanya bakal dibahas dalam Rapat Kerja Nasional PDIP yang rencananya diadain tanggal 26 Mei 2024. Kita tunggu aja kabar selanjutnya, mungkin ada drama politik seru lagi!

Susilo Bambang Yudhoyono

pasti kamu tau kan SBY alias Susilo Bambang Yudhoyono, atau yang biasa kita sapa SBY. Nah, dia jadi Presiden ke-6 kita, ngisi kursi kepresidenan dua periode, dari 2004 sampe 2009, trus lanjut lagi dari 2009 sampe 2014.

Ini nih yang bikin beda sama presiden sebelumnya, doi jadi presiden pertama yang dipilih langsung sama rakyat dalam Pemilu Presiden putaran 2 pada 20 September 2004. Keren, kan, ngadepin Prabowo waktu itu.

Sekarang, SBY masih aktif banget di politik, jadi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat. Sebelumnya, dia juga jadi Ketua Umum Partai Demokrat dari 2013 sampe 2020.

Selain sibuk di politik, SBY juga punya hobi melukis, nulis, dan dia jadi pembina tim voli LavAni. Keren banget, kan, bisa banyak aktivitas gitu.

Walaupun dulu sempet ada gesekan karena jadi rivalnya Prabowo di Pilpres 2029, tapi sekarang hubungannya udah manis lagi. Bahkan, Partai Demokrat yang dipimpinnya gabung ke Koalisi Indonesia Maju yang dukung Prabowo-Gibran pas Pilpres kemarin. Seru banget nih pola politik di Indonesia, nggak pernah bisa ditebak!

Joko Widodo

yang terakhir kita bahas Jokowi, atau Joko Widodo, si presiden ke-7 yang udah duduk dua periode, dari tahun 2014 sampe 2019, terus lanjut lagi dari 2019 sampe 2024. Jokowi sebelumnya kan jadi Wali Kota Surakarta (Solo) dari 2005 sampe 2012, trus naik jadi Gubernur DKI Jakarta tahun 2012, baru deh akhirnya menangin Pilpres 2014.

Nah, hubungannya sama Prabowo tuh kocak abis, dinamis gitu. Meski sempet jadi rival dua kali berturut-turut di Pilpres 2014 dan 2019, tapi hubungan mereka kembali manis setelah Prabowo diangkat jadi Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju (KIM) pemerintahan Jokowi.

Yang bikin gregetan, Prabowo malah jadi Presiden untuk periode selanjutnya bersama anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Coba bayangin aja, dari awal pencalonannya sampe diketok jadi pemenang, kontroversial banget!

Sejak zaman kemerdekaan tahun 1945, kita udah punya tujuh presiden total, tapi empat dari mereka udah meninggal dunia. Sukarno, si Presiden pertama yang ngisi kursi dari 1945 sampe 1967, wafat pada 21 Juni 1970. Lalu ada Soeharto, yang jadi presiden kedua dengan masa jabatan terlama dari 1968 sampe 1998, dia wafat pada 21 Januari 2008.

Presiden ketiga, B. J. Habibie, masa jabatannya cuma setahun dari 1998 sampe 1999, dan dia wafat pada 11 September 2019. Nah, menggantikan Habibie, ada Gus Dur alias Abdurrahman Wahid jadi Presiden keempat dari tahun 1999 sampe 2001, dia wafat pada 30 September 2009.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow