Beranda Berita Apresiasi Ketua MKD DPR RI untuk Jimly Assidiqie dalam Acara MKD Award 2023

Apresiasi Ketua MKD DPR RI untuk Jimly Assidiqie dalam Acara MKD Award 2023

0
Apresiasi Ketua MKD DPR RI untuk Jimly Assidiqie dalam Acara MKD Award 2023
Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Adang Daradjatun

Jakarta – Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Adang Daradjatun, menyatakan penghargaan dan rasa hormatnya terhadap Pakar Hukum Tata Negara, Jimly Assidiqie, yang telah memberikan wawasan yang sangat berharga tentang etika. Adang mengungkapkan apresiasi ini dalam acara MKD Award 2023 yang berlangsung di Jakarta pada Rabu (27/9/2023).

Dalam sambutannya, Adang Daradjatun menyoroti pengetahuan yang luas yang diberikan oleh Profesor Jimly tentang etika, baik dalam konteks makro maupun hubungannya dengan hukum. Jimly Assidiqie menjelaskan bagaimana etika seseorang dapat mempengaruhi konsep terjadinya suatu peristiwa. Beliau juga menggarisbawahi bahwa pelanggaran hukum seringkali juga melibatkan pelanggaran etika, meskipun sebaliknya tidak selalu berlaku.

Adang Daradjatun juga mengucapkan selamat kepada penerima MKD Award 2023 dan menekankan bahwa penghargaan ini memberikan penilaian terhadap para penerima yang dapat menjadi contoh bagi anggota DPR RI lainnya. Menurutnya, penghargaan dari MKD adalah pengakuan atas kinerja yang baik dan pengabdiannya kepada masyarakat melalui tugas legislatif.

Dalam konteks pemilihan penerima penghargaan, Adang Daradjatun menjelaskan bahwa prosesnya melibatkan masukan dan usulan dari masing-masing fraksi di DPR RI. Mereka yang lebih paham tentang anggotanya sehari-hari. Usulan-usulan ini kemudian diverifikasi dan diteliti berdasarkan catatan yang ada pada MKD sebelum diputuskan penerima penghargaannya.

Penerima MKD Award 2023 yang diumumkan dalam acara tersebut adalah Said Abdullah dari PDI Perjuangan, Hetifah Sjaifudian dari Fraksi Golkar, Wihadi Wiyanto dari Fraksi Partai Gerindra, Lestari Moerdijat dari Fraksi Nasdem, Fathan dari Fraksi PKB, Marwan Cik Asan dari Fraksi Partai Demokrat, Al Muzzamil Yusuf dari Fraksi PKS, Athari Gauthi Ardi dari Fraksi PAN, dan Sy.Anas Thahir dari PPP. Mereka adalah anggota DPR RI yang dinilai telah menjalankan tugas mereka dengan menjaga etika dan integritas dalam menjalankan mandat rakyat. (sugeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini