Beranda Berita Peran Puan Maharani dalam Mendorong Pelajar Perempuan Menuju Pemimpin Masa Depan

Peran Puan Maharani dalam Mendorong Pelajar Perempuan Menuju Pemimpin Masa Depan

0
Peran Puan Maharani dalam Mendorong Pelajar Perempuan Menuju Pemimpin Masa Depan
Ketua DPR Puan Maharani

Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani, dengan tekad yang tulus, mendorong para siswi untuk dengan berani memilih peran sebagai pemimpin di masa mendatang. Menurutnya, sama seperti rekan-rekan siswa laki-laki, siswi juga memiliki kompetensi dan potensi yang besar untuk berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

Puan menjelaskan, “Saya bisa berada di sini (sebagai Ketua DPR), ini adalah bukti bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama. Perempuan bisa maju. Perempuan berhak mendapatkan tempat yang adil sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya.” Ucapannya ini disampaikan saat berbicara dalam forum Indonesia Student Leadership Camp (ISLC) di Universitas Indonesia pada tahun 2023.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, proporsi perempuan di Indonesia mencapai 32,26 persen dari total penduduk. Statistik ini menunjukkan bahwa peran perempuan sangat penting dalam pertumbuhan sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Bahkan, saat ini, perempuan berpotensi untuk mengambil 64,5 persen peran dalam industri kreatif di tanah air.

Dari data tersebut, Puan melihat bahwa perempuan memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang mampu menjaga keseimbangan antara dunia profesional dan tanggung jawab rumah tangga. Di hadapan 100 ketua OSIS yang mewakili pelajar Indonesia, politisi dari Fraksi PDI-Perjuangan ini memberikan pesan agar mereka tidak menyerah dalam mengejar cita-cita mereka.

Puan juga mengingatkan bahwa mewujudkan kesetaraan gender tidak dapat dicapai hanya dengan menunggu, tetapi memerlukan usaha keras. Ia berharap agar para pelajar saling mendukung satu sama lain dengan sikap positif. Puan mengatakan, “Pelajar muda seperti kalian memiliki kapasitas belajar yang besar. Untuk mencapai cita-cita dan mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera, kita tidak bisa hanya duduk diam. Setiap dari kalian harus belajar dengan sungguh-sungguh dan bekerja keras.”

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, juga setuju dengan pandangan ini dan menekankan pentingnya Generasi Z untuk mengembangkan kemampuan mereka melalui berbagai kegiatan positif di luar lingkungan sekolah. Menurutnya, hanya mengandalkan ijazah saja akan sulit bagi siswa untuk bersaing dan beradaptasi dengan tantangan yang ada.

Agustina menyampaikan pesannya, “Siswa harus menjalani pendidikan kehidupan, seperti membangun jaringan, bernegosiasi dengan teman-teman, mengatasi kegagalan, dan bangkit. Ini adalah pengalaman yang harus dijalani dan ditemui. Oleh karena itu, ikutilah berbagai kegiatan informal dan ekstrakurikuler, dan jangan biarkan diri dibatasi oleh kendala apa pun. Jika Anda menginginkannya, perjuangkan!”

Semangat dan dukungan dari pemimpin seperti Puan Maharani dan Agustina Wilujeng Pramestuti menjadi inspirasi bagi para siswi Indonesia untuk tumbuh dan berkembang sebagai pemimpin masa depan yang kuat dan berdaya saing. (sugeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini