Beranda Berita Info Penting Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta

Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta

0
Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta
Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta

sinarpagi | Salah satu masalah yang sering di temuin sama orang adalah klaim hak cipta. Apa itu klaim hak cipta? Klaim hak cipta itu kayak ngaku-ngaku punya sesuatu yang sebenernya bukan punya kita. Misalnya, kita bikin video pake lagu atau gambar orang lain, terus orang itu marah-marah dan bilang itu punya dia. Padahal kan kita cuma pinjam, gak nyolong. Tapi ya gimana dong, aturan mainnya begitu. gimana Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta?

Kalau kita kena klaim hak cipta, bisa-bisa video kita gak bisa dapet duit dari iklan. Padahal kan kita udah capek-capek bikin video, pengen dapet duit buat beli kuota lagi. Atau malah lebih parah, video kita bisa dibatesin, diblokir, atau diapus sama YouTube. Padahal kan kita udah sayang-sayang sama video kita, pengen ditonton sama banyak orang.

Tapi ya gimana dong, aturan mainnya begitu. Nah, gimana dong Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta? Jawabannya adalah ada, tapi gak banyak. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan biar video kita bebas klaim hak cipta. Ini dia beberapa caranya:

1.      Buat Konten yang Original

Jangan Ngaku Kreatif Kalau Video Kamu Cuma Nyontek Kalau kamu mau upload video YouTube tanpa takut kena klaim hak cipta, ya jangan nyontek dong. Buatlah video sendiri dari nol, pakai kamera, mikrofon, dan alat-alat yang kamu punya.

Jangan asal comot musik, gambar, video, atau suara orang lain yang udah berhak cipta. Kalau kamu buat video sendiri, kamu bisa nunjukin kalau kamu itu kreatif dan orisinil, bukan cuma tukang tiru. Kamu juga bisa aman dari marahnya orang-orang yang merasa haknya dicuri oleh video kamu.

2.      Pake Bahan yang Bebas Hak Cipta

Cari Bahan yang Gratisan, Tapi Jangan Lupa Hormat Kalau kamu mau pakai bahan-bahan yang udah ada buat bikin video kamu, kayak musik, gambar, video, atau suara, ya carilah yang gratisan. Gratisan maksudnya yang nggak punya pemilik hak cipta atau udah dikasih ijin sama pemilik hak cipta buat dipake seenaknya.

Kamu bisa cari bahan-bahan yang gratisan di internet, tinggal ketik aja kata-kata kayak “free”, “public domain”, “creative commons”, atau “no attribution”. Kamu juga bisa pakai bahan-bahan yang udah disediain sama YouTube, kayak YouTube Audio Library, YouTube Studio, atau YouTube Video Editor.

Tapi inget, bahan-bahan yang gratisan biasanya ada aturan-aturannya, kayak harus sebut sumbernya, kasih kredit, atau nggak boleh ubah-ubah. Baca dan ikuti aturan-aturannya ya, jangan sampe ngeyel dan ngerusak hak cipta.

3.      Edit Video yang Bagus

Edit Video Kamu Supaya Nggak Keliatan Asal-Asalan Cara lain yang bisa kamu lakukan buat upload video YouTube tanpa kena klaim hak cipta adalah dengan edit video kamu supaya keliatan bagus. Metode Edit video ini maksudnya kamu potong-potong, sambung-sambung, tambah-tambah, kurang-kurangin, atau ubah-ubah video kamu supaya jadi lebih seru, bermanfaat, atau lucu. Dengan edit video, kamu bisa ngurangin kemungkinan video kamu kedeteksi sebagai duplikat atau plagiat dari video lain yang udah ada.

Kamu juga bisa nambahin hal-hal yang bikin video kamu jadi lebih orisinil, kayak logo, intro, outro, watermark, atau efek suara. Bisa pake software atau aplikasi yang ada di komputer, laptop, atau smartphone kamu buat edit video kamu.

Kamu juga bisa pake fitur-fitur yang disediain sama YouTube, kayak YouTube Studio, YouTube Video Editor, atau YouTube Enhancements. Edit video kamu dengan kreatif dan profesional ya, biar video kamu bisa dapetin hati dan simpati dari penonton.

 

1.   Tips Cepat Monetisasi YouTube

Anda udah berhasil upload video YouTube yang gak kena klaim hak cipta? Selamat ya, anda hebat. Tapi jangan seneng dulu, masih ada tantangan yang lebih berat. Apa itu? Monetisasi YouTube. Apa itu monetisasi YouTube? Monetisasi YouTube itu kayak jualan iklan di video kita. Jadi, kita bisa dapet duit dari orang-orang yang nonton iklan di video kita. Tapi gak semudah itu, Ferguso. Ada syarat-syarat yang harus kita penuhi biar bisa monetisasi YouTube. Apa aja syarat-syaratnya? Ini dia:

  • Syarat pertama, taat sama aturan YouTube. Anda harus bikin video yang gak melanggar pedoman komunitas YouTube, kebijakan hak cipta YouTube, dan kebijakan iklan YouTube. Anda juga harus jauhin video yang bisa bikin masalah, kayak kontroversi, pelanggaran, atau penipuan. Kalau gak, bisa-bisa video kita gak laku, gak lulus, atau gak lolos.
  • Syarat kedua, tinggal di tempat yang bisa ikut program. Anda harus tinggal di salah satu wilayah atau negara yang udah masuk daftar program monetisasi YouTube.
  • Syarat ketiga, punya jam tayang yang banyak. Anda harus punya lebih dari 4.000 jam tayang di saluran Anda dalam 12 bulan terakhir. Jam tayang itu apa? Jam tayang itu waktu yang di habisin sama penonton buat nonton video kita.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini